Membawa senter yang dikalungkan di leher bisa membantu jika terjadi electrical failure. Tapi harap diingat warna lampu bisa membuat garis yang berwarna sama di chart menjadi tidak terlihat.Pada dasarnya emergency di malam hari sama dengan di siang hari (day VFR). Tapi masalahnya adalah  beberapa keadaan agak sulit pada malam hari. Prinsip yang harus dipegang kuat adalah:

Aviate-Navigate-Communicate

Terbangkan pesawat anda baru tentukan arah dan cari bantuan. Yang paling berbahaya dalam terbang malam antara lain electrical failure dan total engine failure, biarpun communication failure juga tidak bisa diremehkan.

Helikopter

Untuk helikopter, rekomendasinya untuk autorotate di malam hari adalah dengan menggunakan “constant attitude autorotation".  Teknik ini mencegah flaring yang terlambat dan mendarat dengan kelebihan kecepatan maju (forward speed).
Pada waktu flare dengan flare yang tinggi ataupun dengan normal flare, landing light akan ikut flare dan tidak berguna pada waktu kita sangat membutuhkan bantuan lampu tersebut.
Teknik “constant attitude autorotation” akan juga membantu pencahayaan di dekat daratan. Jika anda bisa melihat daratan, maka flare sedikit agar tetap ada cahaya yang menerangi daratan. Kalau susah melihat daratan maka naikkan collective untuk menahan landingnya. Kalau mendarat di pepohonan, usahakan masuk ke pucuk-pucuk pohon tanpa forward speed sehingga kanopi tidak menyentuh pohon terlabih dahulu dan usahakan minimum rate of descent dan kalau mungkin dengan sedikit nose high.

Communication failure

Communications failure adalah sesuatu yang serius di malam hari. Karena itu juga dianjurkan untuk membawa handheld radio cadangan yang dapat digunakan jika radio yang ada rusak. Transponder di set ke 7600 untuk memberitahu ATC bahwa komunikasi terputus. Jika anda membawa telepon genggam, coba hubungi seseorang untuk menghubungi ATC. Menyimpan nomor telepon ATC bisa berguna dalam keadaan ini.

Electrical failure

Electrical failure bisa berakibat serius. Panel instrumen bisa tidak terlihat, atau bahkan ada instrumen yang tidak bekerja. Landing gear dan flaps mungkin tidak bekerja tergantung cara kerja kedua alat tersebut. Lampu-lampu eksternal juga mungkin tidak bekerja. Peralatan lain termasuk radio komunikasi bisa kena dampaknya.

Masuk ke IMC

Masuk ke kondisi IMC (fog/mist/cloud) tanpa sengaja bisa diatasi dengan prosedur yang sudah direncanakan.  Latihan terbang instrumen di siang hari adalah ide yang bagus.
  • Matikan lampu rotating beacon dan strobe untuk mengurangi gangguan yang mengakibatkan flicker vertigo.
  • Gunakan autopilot kalau ada untuk mengurangi beban kerja.
  • Buat 180° turn untuk keluar dari IMC.
  • Scan instrument anda, lihat dan kendalikan altitude. Percaya sepenuhnya pada instrument.

Kehilangan instrumen giroskopik

Kehilangan instrumen giroskopik (attitude indicator) bisa mempengaruhi kemampuan untuk mengendalikan pesawat secara serius. Sering-sering monitor vacuum gauge secara berkala.  
Kalau attitude indicator bergerak lamban atau bahkan jatuh, kerja alat ini harus dikonfirmasi dengan referensi ke instrumen lain: turn coordinator atau turn and slip indicator.
Kalau attitude indicator memang rusak, sebaiknya ditutupi untuk menghindari gangguan karena reflek seorang penerbang untuk mengikuti informasi dari instrumen ini. Sering-sering latihan limited panel instrument flying sebelum terbang malam bisa sangat membantu.
Jika ada standby attitude indicator, gunakan instrumen tersebut. Ingat limitasinya! Ada standby attitude indicator yang jika bekerja dengan battery only hanya bekerja selama waktu tertentu (misalnya 30 menit).

Engine failure

Prosedur engine failure harus dikerjakan sama seperti waktu siang.

  • Kalau anda tidak berada di jangkauan jarak gliding ke sebuah aerodrome atau airstrip, kalau mungkin usahakan mendarat di tempat yang tidak berlampu (unpopulated, tidak berpenghuni),
  • tapi usahakan juga sedekat mungkin dengan tempat yang terang berlampu karena akan dekat dengan bantuan.
  • Nyalakan landing light begitu dekat dengan daratan, juga tunda mematikan master switch sampai mendarat agar semua lampu bisa bekerja.
  • Siarkan Mayday di frekuensi yang sedang dipakai, jangan pindah kecuali diminta oleh ATC.
  • Jika daratan tidak terlihat, terbang selambat mungkin dan dengan landing attitude sampai menyentuh daratan.
  • Begitu pesawat berhenti, matikan semua tombol dan lampu, lalu keluar secepatnya.

Bab 16 dari buku Airplane Flying Handbook akan banyak membantu anda untuk me-review emergency procedure secara umum.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top