Sewaktu disekolah kita belajar tentang pepatah, salah satu yang populer adalah ‘malu bertanya sesat di jalan’. Intinya, kalau tidak tahu sebaiknya bertanya, jangan ‘sok tahu’, jangan enggan bertanya! Pepatah ini dapat diterapkan pada semua/banyak situasi, terutama yang berhubungan dengan perjalanan. Kalau dahulu orang melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat dan laut, sekarang transportasi udara sudah bukan merupakan moda transportasi yang asing dan mahal. Mari kita lihat pepatah ini dari sudut pelaksana bukan sebagai pengguna, jadi dari sudut penerbang.
 
ICAO Radio telephony procedure.

Setiap menerima instruksi dari ATC, penerbang wajib melakukan ‘Read Back’ seperti terdapat pada document ICAO Annex 10/Radiotelephony, kemudian perintah yang telah di ‘read back’ tersebut dilaksanakan. Dalam melakukan ‘read back’ tersebut ada tata-tertib yang harus dipatuhi agar tidak terjadi kesalah-fahaman. Kesalah-fahaman dapat terjadi antara penerbang dengan ATC dan diantara penerbang sendiri. ICAO menyadari juga akan kemungkinan salah-faham antara ATC dan penerbang, sehingga ditetapkan suatu prosedur yang dinamakan ‘Listen Back’ yang menjadi tanggung jawab ATC untuk memastikan bahwa penerbang telah menerima dan mengerti maksud instruksi, sehingga lengkaplah lingkaran inter-aksi ATC dan penerbang. Jadi tidak mungkin lagi ada salah-faham bukan? Kenyataannya ternyata tidak demikian! Masih banyak terjadi salah dalam eksekusi instruksi ATC, mungkin ATC tidak melakukan ‘listen back’ atau perbedaan interpretasi diantara penerbang tidak diselesaikan dengan tuntas.

 
Lalu apa jalan keluarnya? Kembali kepada pepatah yang berbunyi ‘malu bertanya sesat dijalan’, bila ada beda interpretasi antara penerbang, klarifikasikan dengan ATC! Sebuah contoh, terjadi pada penulis baru-baru ini diawal bulan Maret 2008, ada tiga penerbang dicockpit, setelah ditransfer ketower,
 

Crew        : clear to land runway 05, QNH 1019.

3rd Crew: QNH 1018

Capt        : I heard 1019

FO            : yes I heard 1019
 
Capt        : tower confirm QNH 1019?
 
Tower      : QNH 1018, you are clear to land
 

ATC tidak melakukan ‘Listen Back’ dengan benar. Jadi walaupun dua orang mendengar angka yang sama tetap bukan jaminan mayoritas selalu benar. The best thing to do is CLARIFY, after all it’s FREE! It can save your life, at the very least save you from embarrassment, malu bertanya sesat diudara.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top