“Sekolah yang bagus di dalam negeri yang mana ya?” 
“Sekolah yang bagus di luar negeri di mana ya?” 
“Jurusan yang bagus prospeknya apa ya?” 
 
Pertanyaan ini terus datang. Bertubi-tubi. Sayangnya, saya tidak bisa menjawab. Sebenarnya saya punya jawabannya, tapi percakapannya kira-kira jadi seperti ini: 
 
“Jurusan teknik yang bagus prospeknya apa ya?” 
“Jurusan teknik industri” 
“Waduh setelah saya hubungi ternyata tidak terima lulusan SMK teknik informatika” 
"Oh kamu dari Informatika, saya kira Teknik mesin" 
 
Atau, 
“Sekolah pilot yang bagus di luar negeri di mana ya?” 
“Di X atau Y flight academy” 
“Waduh setelah saya hubungi ternyata biayanya 900 juta rupiah, malah yang Y sampai 1,2 milyar rupiah, ada yang murah nggak?” 
 
Percakapan di atas hanya permisalan tapi percakapan seperti ini menunjukkan bahwa kita belum tahu apa yang kita cari, yang bagus atau yang murah? Yang bagus prospeknya menurut siapa? Menurut anda atau menurut saya? Semua harus ditentukan sebelum bertanya. 
 
Berikut ini akan saya paparkan caranya mendapatkan jawaban jika anda punya pertanyaan seperti di atas. 
 
Untuk jurusan yang ingin anda ambil, cari di internet, alamat website sekolah-sekolah yang anda tuju. Baca semua informasi di sana dan baca peluang kerja di jurusan tersebut. Buat sebuah tabel yang berisi sekolah-sekolah dengan jurusan yang sama. Juga buat tabel lain untuk jurusan lain. Bandingkan dan pilih sesuai dengan kata hati, dan dana yang tersedia. Jika bingung, maka anda pilih beberapa yang sesuai dengan dana dan kemampuan. Berikan pilihan tersebut di forum-forum penerbangan masing-masing beserta alasannya. 
 
Dengan cara ini anda akan mendapatkan jawaban yang lebih tepat karena pertanyaan dan jawaban akan sangat fokus dan sesuai dengan kemampuan anda. Bahkan informasi bisa didapat dari alumni sekolah yang dipilih yang menjadi anggota forum tersebut. 
Saya akan ambil contoh lain untuk sekolah penerbang (sekolah pilot). Kita belum bisa menentukan apakah sekolah yang pas buat kita ada di dalam atau di luar negeri maka kita akan kumpulkan semua data: 
 
Dalam negeri: 
  • langkah pertama kumpulkan alamat, alamat url website dan contact point seluruh sekolah di dalam negeri. Website sekolah bisa anda dapatkan di website ilmuterbang.com. 
  • Kemudian baca seluruh informasi yang ada di sana, jangan bertanya dulu pada sekolah tersebut karena mereka juga capek dengan pertanyaan tentang biaya dan pinjaman atau beasiswa serta syarat masuk. Biasanya semua ada di website tersebut. Kalau anda masih bertanya informasi yang bisa dicari di website tersebut anda akan dianggap tidak serius. 
  • Cari informasi biayanya di website tersebut, kalau tidak ada maka kirim email atau datangi langsung kalau berada di dekat anda berdomisili. Sekali lagi jangan tanya beasiswa karena itu menunjukkan anda tidak punya dananya. 
  • Bandingkan setiap data dan cari perbedaan dari setiap sekolah tersebut. Buat tabel biaya dan fasilitas. 
Luar negeri: 
  • Pilih negaranya, saat ini yang menjadi favorit adalah USA, Australia, Phillipine, Malaysia. 
  • Sama dengan di atas, kumpulkan alamat, alamat url website dan contact point seluruh sekolah di luar negeri dengan mesin pencari seperti google.com atau yahoo.com. 
  • Hubungi lewat email, nyatakan anda berminat sekolah di sana dan minta detail biaya sekolah dan biaya hidup. Biaya hidup akan diberikan dalam angka minimum, jadi misalkan mereka bilang (contoh aja ya) sebulan biaya hidup $700 berarti aktualnya mungkin sekitar $800. 
  • Bandingkan setiap data dan cari perbedaan dari setiap sekolah tersebut. Buat tabel biaya dan fasilitas. 
  • Tambahkan biaya tiket dan konversi license ke license Indonesia. 
Bandingkan tabel pertama dan tabel kedua. Jika biayanya lebih tinggi dari dana jangan dipaksakan. Salurkan dana tersebut ke sekolah yang lebih terjangkau untuk menghindari kehabisan dana di tengah jalan. 
 
Dengan membuat tabel tersebut anda akan lihat biaya berbeda bisa karena fasilitas yang ditawarkan berbeda dan/atau biaya hidup yang berbeda. Misalnya harga sewa apartemen di New York dan di Texas bisa berbeda jauh. 
 
Bandingkan dan tanyakan di forum-forum penerbangan seperti cara yang sudah disebutkan di atas. 
Selamat berburu sekolah dan sukses selalu.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top