Saya pernah dengar tentang pinjaman bank untuk orang mau bersekolah di sekolah pilot, sekolah pilot yang mempunyai rata-rata biaya 500-800 USD bisa dipinjamkan oleh bank dengan jaminan atau non jaminan (kalau beruntung), kemudian pinjaman ini dilunaskan setelah lulus dari sekolah pilot ini. Apakah benar ada seperti itu? kalau ada, boleh tahu bank mana dengan sekolah pilot mana?

Pada saat jawaban ini ditulis, pinjaman yang tersedia adalah melalui sekolah penerbang BIFA di Bali. Calon penerbang di tes dan diterima oleh Garuda Indonesia dan mengikuti sekolah di BIFA dengan keharusan untuk membayar sebagian dari biaya sekolah. Sebagian biaya lainnya ditanggung oleh bank yang bekerja sama dengan BIFA. Biaya yang ditanggung oleh bank harus dikembalikan oleh penerbang tersebut dengan cara dipotong gajinya setelah bekerja menjadi penerbang di Garuda Indonesia. Silahkan hubungi sekolah tersebut untuk keterangan lebih lanjut. Biaya sekolah saat ini adalah berkisar antara 40 ribu- 60 ribu USD.
 
Lepas dari sekolah mana yang akan anda masuki, pinjaman dari bank adalah perjanjian anda dengan bank. Bukan masalah sekolah atau masalah maskapai yang akan merekrut anda.
Jadi kalau anda gagal di sekolah, atau di maskapai, pinjaman anda tetap merupakan hutang yang harus dilunasi.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top