saya mau tanya tentang sekolah pilot, apa bedanya sekolah pilot di luar negeri dengan sekolah pilot di dalam negeri. Apakah kualitas lulusannya akan berbeda? atau apakah sekolah pilot yang lebih mahal setelah lulus nanti akan ditarik oleh airline-arline mahadewa?

Hal yang berbeda dari sekolah penerbang di dalam dan luar negeri adalah peraturannya. Setiap negara memiliki peraturan dan fasilitas yang berbeda untuk penerbangan di negara tersebut. Untuk menjadi penerbang di satu negara juga harus memiliki lisensi negara yang bersangkutan. Jadi jika anda ingin sekolah penerbang di luar negeri maka anda harus mengkonversi lisensi dari negara tersebut ke lisensi Indonesia.

Bagaimana dengan kualitas lulusannya? Setiap negara berbeda kemajuannya dalam teknologi penerbangan. Misalnya USA, Perancis dan Inggris tentu akan lebih baik kondisi dunia penerbangannya dibandingkan dengan negara seperti Timor Timur. Jadi kualitas lulusannya banyak tergantung pada fasillitas yang ada. Jika ingin sekolah di luar negeri kami menyarankan anda sekolah di negara maju dalam bidang penerbangan seperti USA, Australia, Inggris, dan lainnya. Belajar di negara-negara ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman terbang karena fasilitasnya yang lebih lengkap dibandingkan dengan di dalam negeri.

Setelah anda memiliki lisensi Indonesia, maskapai penerbangan tidak akan peduli di mana anda dapatkan lisensi tersebut. Artinya setiap pemegang lisensi diharapkan sudah mencapai standar/ baku mutu tertentu untuk menjadi penerbang. Di sini kualitas perorangan akan menjadi sangat penting. Seorang yang bersekolah di sekolah tidak mahal tapi mampu menguasai semua pelajaran penerbangan akan lebih mampu bersaing  dalam tes penerimaan dibandingkan dengan penerbang dari sekolah mahal tapi berkualitas pas-pasan.  

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top