saya dari teknik penerbangan ITB. saya ingin bertanya tentang beberapa hal yang mencakup tentang sekolah pilot. Kebetulan saya mempunyai cita-cita setelah lulus nanti saya ingin melanjutkan ke sekolah pilot. Adakah keuntungan lebih jika saya sekolah pilot dengan gelar "S1 teknik penerbangan" , dibandingkan dengan orang-orang yang sudah sekolah pilot dengan gelar "lulusan SMA"?

Untuk menjadi pilot tidak dibutuhkan gelar kesarjanaan baik dari teknik penerbangan ataupun jurusan lain. Lisensi CPL dan/atau ATPL sudah cukup untuk melamar pekerjaan sebagai penerbang komersial. Gelar kesarjanaan atau keahlian lain yang dimiliki akan sangat membantu untuk berkarir sebagai penerbang pada saat jumlah penerbang lebih banyak dari pada jumlah lowongan yang ada. Di negara-negara yang mempunyai penerbang jauh lebih banyak dari pekerjaan yang tersedia biasanya maskapai penerbangan menyukai penerbang dengan keahlian tambahan atau dengan tingkat pendidikan formal yang lebih tinggi.

Di Indonesia sampai saat jawaban ini ditulis masih memerlukan banyak penerbang. Sehingga anda tidak perlu bersaing dengan gelar kesarjanaan tapi cukup bersaing dengan keahlian anda sebagai penerbang seperti yang tertulis di lisensi. Misalnya penerbang CPL dengan Instrument Rating dan Multi Engine Rating mungkin akan lebih banyak mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan penerbang yang hanya memiliki CPL saja.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top