Dalam penerbangan, kata pushback artinya mendorong mundur pesawat. Biasanya pesawat tidak bisa mundur sendiri karena arah tenaga mesinnya biasanya ke belakang saja.  Pesawat butuh dimundurkan karena kebanyakan tempat parkirnya menghadap ke gedung terminal bandar udara atau menghadap ke daerah yang tidak bisa dilewati pesawat.

Pushback pesawat dilakukan dengan menggunakan alat eksternal seperti traktor, atau mesin pendorong. Traktor pendorong ini sering disebut pushback tractor, pushback truck, pushback tug, dll. Traktor pendorong biasanya berbentuk rendah agar tidak menyentuh hidung pesawat. Cara mendorongnya biasanya dilakukan dengan menyambungkan sebuah batang logam yang disebut towbar di antara pesawat dan traktor. Batang towbar ini berbeda-beda untuk setiap jenis pesawat yang berbeda. Bagian yang didorong mundur adalah nose wheel, roda depan pesawat.

Kalau ditarik maju sebutannya adalah pull forward. Jika pesawat ditarik untuk dipindahkan tempat parkirnya maka kegiatan ini disebut towing.

Ground cockpit?” Penerbang memanggil awak darat melalui intercom.

Selain pengemudi traktor pendorong, ada teknisi, mekanik atau ground handler, awak darat yang berkomunikasi dengan penerbang melalui intercom dan headset. Pilot bisa berkomunikasi langsung dari kokpit. Ground handler ini yang meneruskan pesan dari penerbang ke pengemudi pushback truck.

“Cockpit ground, go ahead” Jawab awak darat.
“Confirm ready?” Penerbang bertanya apakah awak darat sudah siap untuk mendorong pesawat.

Agar bisa didorong dengan aman, roda depan pesawat harus bisa berbelok dengan bebas. Caranya dengan memutus kendali roda depan dari kokpit atau sistem pesawat agar tidak terjadi bentrokan arah antara kendali pesawat dan pushback tractor.

Bayangkan kalau pushback tractor sedang membelokkan roda ke kiri dan kendali pesawat menahan roda tetap lurus atau berbelok dengan arah kebalikannya maka batang roda akan patah. Memutuskan kendali roda depan dari sistem pesawat dilakukan dengan menyelipkan sebuah batang pin. Untuk pesawat yang roda depannya dikendalikan dengan sistem hidrolik maka sambungan hidroliknya akan terputus dari roda depan pada saat pin diselipkan di tempatnya. Setelah pin diselipkan, maka tow bar akan disambungkan ke pesawat dan ke pushback truck.

“We are ready, tow bar is connected, all doors are closed”

Pada waktu pesawat sudah siap untuk didorong, artinya semua pintu sudah tertutup, tow bar sudah tersambung ke pesawat dan pushback truck. Saat ini penerbang akan minta ijin ke petugas ATC untuk didorong mundur.

“Ground ilmuterbang 001, ready to push and start” Penerbang memanggil Ground Control bukan awak darat.
“ilmuterbang 001, clear to push and start face east”
“clear to push and start face east, ilmuterbang 001”

Ijin dari ATC untuk mendorong pesawat akan disampaikan ke pengemudi truk pendorong. Dalam contoh ini pada waktu selesai pushback, pesawat akan menghadap ke arah timurPenerbang memeriksa apakah pin sudah diselipkan agar bisa pushback dengan aman tanpa merusak roda depan.

“Ground, we are cleared to push face east”  Penerbang memanggil kembali awak darat.
“Cleared to push face east, release parking brake”  Ground handler menyebutkan kembali perintah ATC agar tidak salah dan meminta penerbang melepas rem.
“Parking brake release, time 07:00, no delay” Penerbang memastikan bahwa rem sudah dilepas dan menyebutkan waktu off block yang sesuai dengan jadwal.

Penerbang tidak bisa melihat ke belakang jadi awak darat akan memeriksa apakah area di belakang pesawat aman, ganjal roda sudah dilepas dan barulah mulai mendorong. Setelah berada di daerah yang aman untuk menyalakan mesin pesawat maka awak darat akan memberitahu penerbang. 

“cockpit ground, clear to start engine 1 and 2” Ground handler memberi tahu bahwa area sudah aman untuk menyalakan mesin.
“starting engine 1 and 2”. Penerbang menyalakan mesin 1 dan 2.

Sambil didorong mundur, biasanya mesin pesawat akan dinyalakan. Sebuah pushback truck harus sanggup mendorong mundur sambal menahan gaya dorong ke depan dari mesin pesawat. Pushback truck harus cukup berat sehingga tidak terbawa maju oleh dorongan mesin pesawat. Pushback truck untuk pesawat besar beratnya bisa sampai lebih dari 50 ton.

Towbarless truck
Beberapa truk pendorong yang baru tidak memerlukan tow bar. Towbarless truck ini mengangkat roda depan pesawat dan menguncinya sehingga bisa didorong atau ditarik.
Perhatikan gambar di bawah ini sebuah pesawat Boeing 747 sedang ditarik (towing) oleh sebuah towbarless truck.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top