pushback tractor/aircraft tow truckPenerbang Adit Kakak ilmuterbang mau nanya ni kenapa pesawat harus di bantu mundur dengan pushback tractor  tolong jelas kan...kak

Karena mesinnya hanya bisa mendorong maju.

Gaya dorong maju ini disebut Thrust. Kalau diputar ke belakang namanya Reverse Thrust, gunannya untuk mengerem sesudah landing. Tapi tidak bisa/tidak boleh untuk mundur. Ada beberapa pesawat yang bisa mundur dengan reverse thrust ini tapi biasanya tidak dianjurkan (not recomnended) dari pabriknya dengan berbagai alasan.

System thrust reverse ada yang boleh di pakai untuk mundur, hanya penggunaannya dibatasi. Tapi sebagian besar thrust reverse tidak boleh dipakai mundur karena berbagai alasan. Salah satu contohnya untuk pesawat dengan engine yang rendah seperti B737, kalau thrust reversenya dipakai untuk mundur/ dengan kecepatan rendah, dapat meniup kotoran/batu masuk ke mesin.

Perhatikan bagian belakang mesin jet ini:

http://www.youtube.com/watch?v=ID3jfc39x3E&feature=PlayList&p=197BACA667B1C4DB&playnext=1&playnext_from=PL&index=75

Ada juga pesawat seperti Fokker F100 yang membolehkan mundur dengan reverser tapi dengan catatan keras, bahwa penggunaan thrust reverser untuk mundur yang terlalu sering akan berdampak mempengaruhi/mengurangi kekuatan bagian ekor pesawat. (mesin ada di ekor)

Artikel terkait

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top