TCAS (dibaca tikas) adalah alat yang dapat membantu penerbang untuk menghindari tabrakan dengan pesawat lain /intruder. Ada syarat yang wajib dipenuhi: di pesawat lain/intrudernya juga harus terpasang alat bernama transponder. Anda dapat membaca tentang transponder di artikel lain di website ilmuterbang.com ini. Pesawat intruder juga sering disebut traffic target.

---------------------------------
Apa kepanjangan TCAS?
Traffic Alert and Collision Avoidance System. Konsepnya sendiri disebut juga ACAS (Airborne Collision Avoidance System).

---------------------------------
Bagaimana TCAS memberi tahu adanya pesawat lain/intruder?
TCAS mengirim sinyal interogasi yang dijawab oleh transponder pesawat lain /intruder. Sinyal jawaban transponder itu menjadi data posisi berupa bearing (posisi relatif) dan range(jarak).


Peringatan apa yang diberikan TCAS?
Pada waktu intruder mendekati pesawat kita dalam rentang waktu (TAU) 20-48 detik, maka akan ada peringatan TRAFFIC ADVISORY (TA),  berupa perubahan warna pada simbol intruder dan peringatan suara “TRAFFIC TRAFFIC!”.

 

---------------------------------
Bisakah kita melihat indikasi ketinggian pesawat lain/intruder di layar TCAS?
Bisa jika pesawat lain/intruder itu dilengkapi dengan transponder mode C atau mode S. Jika pesawat lain/intrudernya hanya dilengkapi dengan transponder mode A, maka hanya terlihat indikasi posisi tanpa indikasi ketinggian. Indikasi ketinggian yang ditampilkan layar TCAS adalah indikasi ketinggian relatif pesawat lain/intruder

---------------------------------
Bagaimana caranya TCAS memberi indikasi akan terjadi tabrakan?
TCAS menghitung jarak pesawatnya dengan pesawat lain/intruder dan menghitung waktu bertemunya kedua pesawat tersebut yang disebut TAU dan posisi pertemuannya disebut Closest Point of Approach (CPA).




Bagaimana jika pesawat tetap mendekat dan akan tabrakan?
Dalam rentang waktu (TAU) 15-35 detik, penerbang pesawat yang lebih tinggi akan mendapat perintah untuk “CLIMB” sedangkan penerbang pesawat yang lebih rendah akan mendapat perintah “DESCEND”.

Jika kedua pesawat dilengkapi dengan TCAS II dan transponder mode S, kedua transponder akan “mengobrol” dan saling memberi tahu ketinggian masing-masing serta tindakan yang dilakukan oleh masing-masing TCAS, jadi jika sebuah pesawat CLIMB maka pesawat yang lain akan DESCEND.

Jika ketinggian kedua pesawat cukup aman maka akan ada perintah “MAINTAIN VERTICAL SPEED, MAINTAIN”.  Jika kedua pesawat sudah aman maka akan ada pemberitahuan “CLEAR OF CONFLICT”.

Perintah-perintah TCAS tersebut disebut RESOLUTION ADVISORY (RA).



Bagaimana jika perintah ATC bertolak belakang dengan perintah TCAS RA?
Perintah TCAS RA wajib diikuti, dan penerbang memberi tahu ATC bahwa penerbang mengikuti perintah TCAS RA. ATC akan menunggu sampai penerbang selesai mengikuti perintah TCAS RA dan siap untuk mendapatkan instruksi selanjutnya dari ATC.

Dari sisi penerbang yang harus dilakukan adalah:

1.  Pada waktu flight crew mulai bereaksi untuk menjalankan perintah RA:
- Pilot: “TCAS RA
- ATC: “ROGER
2.  Pada waktu selesai menjalankan RA dan mulai kembali ke clearance ATC semula:
- Pilot: “CLEAR OF CONFLICT RETURNING TO 'perintah semula'
- ATC: “ROGER” / atau perintah lain
3.  Pada waktu sudah kembali ke perintah ATC semula:
- Pilot: “CLEAR OF CONFLICT 'perintah semula' RESUMED
- ATC: “ROGER” / atau perintah lain
4.     Jika mendapatkan perintah dari ATC dan bertolak-belakang dengan perintah RA, flight crew harus langsung mengikuti RA dan memberi tahu ATC:
- Pilot: “UNABLE, TCAS RA
- ATC: “ROGER” 

Perbedaan dengan prosedur yang lama adalah tidak ada lagi informasi climb atau descend. Contohnya: “TCAS climb” atau “TCAS descend” sudah dihilangkan. Penerbang hanya menyebutkan “TCAS RA” sampai RA selesai dan mendapatkan pesan "CLEAR OF CONFLICT".

---------------------------------
Bolehkah penerbang mengatur separation dengan pesawat lain/intruder berdasarkan indikasi TCAS?
Tidak boleh. Indikasi TCAS tidak dirancang untuk mengatur separation seperti layar radar ATC. Indikasi TCAS adalah informasi bagi penerbang, bukan alat navigasi. Jadi seorang ATC tidak boleh menerima permintaan separation atau memberikan instruksi separation berdasarkan TCAS.

---------------------------------
Bolehkah penerbang menghindari traffic berdasarkan layar TCAS? Tidak boleh. Layar TCAS memberi indikasi informasi bukan navigasi. Ketepatan pengolahannya tidak seperti layar radar ATC yang ketepatannya tinggi.

---------------------------------
Bisakah pesawat menghindari pesawat lain secara lateral (kanan-kiri)?
Tidak. Versi TCAS saat ini hanya membantu penerbang menghindar secara vertikal, baik naik (CLIMB) atau turun (DESCEND). Saat ini TCAS yang memiliki kemampuan menghindar secara lateral masih dalam pengembangan.
 
---------------------------------
Bagaimana penerbang menghindari peringatan TCAS jika pesawatnya climb/descend searah dengan pesawat lain yang berada 1000' di atas atau di bawah altitude target?
ICAO PANS-OPS (Doc. 8168)
 memberikan panduan untuk membatasi VSI menjadi 8m/s atau 1500 feet perminute, pada saat berada 1000' di bawah/di atas target altitude

---------------------------------
Bolehkah penerbang tidak mengikuti TCAS RA jika pesawat intruder terlihat dan VMC?
Tidak. Semua TCAS RA harus diikuti di airspace manapun baik IMC ataupun VMC.

---------------------------------
Bagaimana jika TCAS RA memberikan perintah "CLIMB" padahal pesawat berada pada maximum certified flight level
Perintah TCAS RA tetap harus diikuti.

---------------------------------
Bagaimana jika mendapat TCAS RA pada saat belok (turn)? 
Pesawat boleh tetap "turn" selama V/S yang dibutuhkan bisa dicapai. Kalau perintah TCAS RA tidak bisa dipenuhi selama melakukan "turn" maka pesawat harus berhenti melakukan "turn".  

Bisakah anda menemukan 6 pesawat/traffic yang ditampilkan di layar Navigation Display ini? Berapa perbedaan ketinggian pesawat-pesawat tersebut dengan pesawat ini?


rujukan:
http://www.eurocontrol.int/msa/public/subsite_homepage/homepage.html
FAA TCAS II DO-185 7.1 - SKYbrary


disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top