Rency Sasyudi ass
Aku mau tanya pada saat kita terbang VFR apakah route yg kita jalani sama dgn route IFR?
Aku mau tanya lagi
Kapan kita harus menggunakan
V1.V2.Vref
Terima kasih
Wass wrwb

 

28 August 2009 at 05:54

 

Petugas Ilmuterbangdotkom Asslmkm.
Rency: Sesuai dengan namanya VFR (Visual Flight Rules) tidak ada rute yang perlu diikuti. Cukup dengan melihat keluar saja. Tapi di airspace yang padat lalulintasnya, biasanya di buatkan VFR corridor, untuk mencegah tabrakan antara VFR dan IFR.
V1, V2 di pakai oleh pesawat dengan mesin lebih dari 1. V1 adalah decision speed, kalau terjadi engine failure sebelum V1 maka aman untuk berhenti, kalau engine failure terjadi setelah V1 maka take off harus dilanjutkan karena panjang landasan tidak cukup untuk berhenti.
V2 adalah take off safety speed, pada waktu salah satu mesin mati setelah melewati V1, maka pesawat akan diterbangkan dengan kecepatan V2.
Vref: biasanya ini adalah 1.23 dikalkan Vs (stalling speed) pada full flaps. Speed ini dipakai untuk approach dan landing.
sedikit referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/V_speeds
wass

 


 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top