{youtube}ny9q0KM3Ca8&fmt=18{/youtube}
Video hasil kompilasi www.avweb.com oleh AVweb video editor Glenn Pew.
 
Sebuah pesawat A320 US Airways penerbangan 1549 mendarat darurat di Sungai Hudson, New York, hanya kurang dari 4 menit setelah lepas landas pada hari Kamis 15/1, sekitar pukul 15:45 waktu setempat.
 
Seluruh 155 penumpang selamat, beberapa TV melaporkan ada seorang penumpang yang patah kaki tapi sisanya hanya mendapatkan cedera ringan.
 
Laporan awal menyebutkan bahwa pesawat menabrak kawanan burung yang kemudian masuk ke dalam mesin yang dalam dunia penerbangan dikenal dengan istilah bird strike.

Setelah lepas landas pesawat menabrak burung dan kedua mesin pesawat mati. Awak pesawat yang dipimpin oleh kapten Chesley B. "Sully" Sullenberger III, seorang mantan penerbang militer, berhasil mendaratkan pesawat "ditching" dengan aman ke air sungai.

Setelah mendarat di sungai, semua ferry, perahu dan patroli keamanan sungai segera menuju ke pesawat untuk menyelamatkan penumpang yang keluar dari pesawat dan berkumpul di atas sayap pesawat yang masih mengambang di atas air sungai yang dingin. Suhu air sungai saat itu sekitar 40°F atau sekitar 4°C.
Kebanyakan penumpang menderita memar-memar dan hypothermia, turunya suhu badan karena dinginnya udara disekitar.

Berikut adalah berita dari CNN:
http://edition.cnn.com/2009/US/01/15/hudson.plane.videos/index.html?iref=mpstoryview

sumber:
www.cnn.com
news.yahoo.com

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top