Penerbangan Emprit 123 mulai turun dari ketinggian jelajah. Pesawat sudah berada di jangkauan radio dari kota tujuan. Penerbangnya memanggil bagian operasi di radio.

"Operations- emprit 123"
"emprit123-operations, go ahead capt..."
"emprit 123 estimate arrival 1300, APUnya mati nih mas, request GPU dan GTC"
"Copied captain, estimate 1300, GPU dan GTC sudah siap"

Sepenggal percakapan di radio itu menggambarkan keadaan sewaktu APU pesawat tidak bekerja. Penerbangnya meminta GPU (Ground Power Unit) yang merupakan generator listrik sebagai external power untuk pesawat.
Selanjutnya apakah GTC itu? Yang disebut GTC (Gas Turbine Compressor) sebenarnya adalah ASU (Air Starter Unit), sebuah mesin yang sanggup menjadi sumber tenaga pneumatik/udara bertekanan. Mungkin akan lebih mudah bila kita membayangkan sebuah mesin kompresor udara yang dipakai untuk memompa ban.

Sebuah truk Air Starter Unit

ASU ini biasanya menggunakan mesin diesel untuk memutar kompresornya, tapi entah kenapa sebutan GTC dipakai secara luas di dunia penerbangan di Indonesia. Kalaupun ditanya kenapa disebut GTC, jawabnya," dari dulu juga disebutnya GTC mas". Padahal tidak semua ASU merupakan mesin turbin atau GTC.

ASU bisa berupa mesin dan kompresor yang langsung memberi udara bertekanan tinggi tanpa ditampung di tabung. Bentuk lain dari ASU juga bisa seperti tabung kompresor pompa ban, yang berupa mesin dan kompresor yang lebih kecil yang mengumpulkan tekanan udaranya di tabung udara bertekanan.  

ASU menyediakan udara bertekanan tinggi untuk memutar turbin pesawat pada waktu mesin pesawat di-start. ASU ini bukanlah mesin AC untuk mendinginkan kabin tapi udara bertekanan yang dihasilkan dari ASU ini juga bisa untuk memasok Air Conditioning Pack, mesin AC yang ada di pesawat.

Untuk pendinginan kabin, pesawat memiliki lubang untuk memasukkan udara AC yang bertekanan rendah yang dipasok oleh unit AC.

AC unit bisa dibedakan dengan ASU dari diameter selangnya. AC unit mempunyai diameter yang lebar karena tekanannya yang rendah, sedangkan ASU menggunakan selang yang berdiameter lebih kecil. 

Bisakah anda tebak yang mana ASU?

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top