Rimanti Nurdarina:

Setelah bertapa berjam2 di google, saya masih bingung. Pemberian medicine pada pax oleh F/A itu sebetulnya boleh ato nggak sih (bukan first aid kit yg sealed itu)? Ada yg bilang takut di sue kalo ada apa-apa, jadi ga ngasih meskipun cuma aspirin, ada juga yg ngasi dari milik pribadi F/A. So...?

Fadjar Nugroho

di airline yang "kumplit" ada yang namanya:

1. Basic First Aid kit.
2. Aeromedical First Aid Kit.
3. Emergency medical kit.

Basic first aid isinya obat dan alat2 sederhana seperti panadol, aspirin, stetoskop, termometer dll. Semua awak pesawat bisa buka dan memberi ke penumpang kalau dia minta.

Yang no 2, isinya lebih lengkap dari no 1.

Yang no 3, isinya hanya boleh dipakai oleh dokter, perawat atau qualified medical personnel yang lain.

Yang no 2 dan 3:
- hanya boleh dibuka dengan ijin dari Commander.
- penggunaannya dilaporkan, bahkan ada form yang harus diisi.

Sepertinya pertanyaannya adalah untuk no 1: jawabannya boleh, syaratnya penumpang yang minta.

Sedangkan di Indonesia yang diharuskan di CASR 121.309.d adalah no 2 dan 3, yang no 1 gak wajib jadi gak ada decolgen, panadol atau sejenisnya. Silahkan liat daftarnya di part 121.

Di CASR jadi hanya ada First Aid Kit dan Emergency Medical kit.
Jadi bukan takut dituntut kalo penumpang di Indonesia minta obat trus ada apa2, tapi karena memang nggak harus ada.

Sedangkan kalau memang obatnya ada di first aid kit, sehabis ngasi ke penumpang, setelah landing FAnya harus laporan dan ground staff akan kembali melengkapi obat2 yang ada karena First Aid Kit harus lengkap pada waktu memulai penerbangan. Semua yang wajib di CASR adalah NO GO ITEM.
Di sini masalahnya, karena kalau obat yang telah terpakai tidak ada gantinya maka pesawat tidak bisa berangkat lagi. Jadi kalau nggak karena bener2 emergency pada males buka first aid kit.

Rimanti Nurdarina
oohhh, i see. akhirnya terjawab dengan jelas juga, fiuh.. :D *catet di notebook buat referensi selanjutnya
itu ketiga2 jenis first aid kit ditaro di bagian mana pesawat ya? (klo boleh tau, katanya dirahasiakan yang 2/3). tiga2nya di satu tempat yang sama?

Baron Hussein
Ga rahasia tuh tempatnya...
Di airline gurem nan kere tempat saya, malah jelas di label tuh overhead bin tempatnya nyimpanya. Bukan Red Cross, make Red Crescent. Jelas kok, ga ada rahasia rahasia-an.... ;)

Rimanti Nurdarina
ooo..
saya kira karena penuh barang2 yg 'sensitif' dan takut disalahgunakan kayak crash axe jadinya di'sembunyiin' dari publik :p
tadi baca di A.....net ada yg disembunyiin karena apa gitu.., apa saya yg salah baca ya :|

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top