Muh Rizky Pradana:
 
kalau ATC kerjanya sehari berapa jam om? trus kalau hari sabtu apakah libur juga..
#untuk bahan pertimbangan aja..


-------------------------------------------
Berikut jawaban yang pernah diberikan oleh seorang rekan ATC:
Sebenarnya,  jam dinas ATC  berdasarkan aturan yang ada 2 jam controlling, 45 menit Rest, lalu 3 jam Assistant Controller, lalu 45 menit Rest, lalu controlling lagi, sampai habis shift.

Sepengetahuan kami, untuk hari kerja akan mengikuti tempat controller ini bekerja. Kalau bekerja di tempat yang hari Sabtu dan Minggu tutup, berarti ybs bisa libur pada saat tersebut.
Tapi controller yang bekerja di bandar udara dan/atau ruang udara yang buka 24 jam, maka ada jadwal shift yang harus diikuti. Pola kerjanya setiap shift kira-kira seperti di atas.

Tian Kusdinar:
Jam kerja ATC terdapat pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor SKEP/16/II/2009 tentang Advisory Circular (AC) 69-01 Chapter 5 "Penalty and Obligation"


http://hubud.dephub.go.id/?id+regulasi_dsku+detail+pengguna+2

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top