Masalah Headset?Pilot pesawat Aeromot Ximango ini adalah seorang pilot motor glider yang berpengalaman dengan total 40 jam di pesawat tersebut dan sedang melakukan penerbangan lokal di sekitar airfield.

Sewaktu sedang melakukan penerbangan tersebut, dia melihat hujan yang mendekat dengan cepat dan khawatir jika hujan tersebut akan ada di antara pesawat dan airfield, jadi dia kembali ke airfield dan joining circuit ke downwind RW25 tapi tidak menurunkan landing gear.
 
Di downwind leg, dia melakukan downwind check tapi melewati bagian landing gear yang merupakan bagian dari check tersebut.

Pada waktu dia membuka airbrake sebelum mendarat, ada bel yang berbunyi untuk mengingatkan bahwa landing gear belum turun.Tapi dia tidak mendengar peringatan ini karena mengenakan noise attenuating headset, yaitu headset dengan kemampuan mengurangi suara berisik dari sekitarnya.
 
Akhirnya dia mendarat tanpa landing gear, dan pesawat mengalami kerusakan di baling-baling.   

Setelah kecelakaan, pilot tersebut memodifikasi pesawatnya sehingga bunyi buzzer untuk peringatan landing gear belum diturunkan akan terdengar di headset.
 
Pelajaran dari berita di atas:
Jika anda terbang memakai noise attenuating/ noise cancelling headset dengan pesawat yang memiliki bunyi alarm tanpa tanda visual seperti lampu, usahakan untuk lebih waspada dengan limitasi pesawat anda. Contoh lain adalah Stall Warning di Cessna 172/152. Suara yang dihasilkan pada waktu Stall cukup rendah dan bisa artikan sebagai noise oleh headset anda, akibatnya suara tersebut akan ditiadakan/di cancel di earphone. admin
 
Sumber: Majalah Pilot, Desember 2008
gambar: courtessy of ximangousa.com
 
Ximango motor glider

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top