Setiap kali ada yang klik di like di group FB ilmuterbang.com untuk setiap tulisan saya yang dimuat di sana, hati saya berbunga-bunga. Bukan berarti saya minta anda klik like biar saya senang, bukan... Tapi saya merasa tulisan saya layak dibaca atau minimal bisa dicerna oleh pembaca ilmuterbang.com. Perasaan ini membuat saya semangat kembali meneruskan ide-ide yang ada melalui tulisan. Bahkan saya suka jika artikel penulis lain dikomentari dengan baik oleh anggota grup.


Saya sendiri tidak terlalu perduli apakah orang senang atau tidak dengan isi tulisan saya, mau baca atau tidak, tapi saya sangat peduli jika ada yang menggemari dirgantara dan negara ini, dan merasa terbantu oleh apa yang saya tulis. Saya juga senang jika ada yang mengkritik tulisan saya sehingga biasanya saat itu juga saya edit, tambahkan dan kurangi segala kekurangan yang dikritik oleh orang lain. Itu adalah salah satu kelebihan ilmuterbang.com, isinya adalah semi-blog yang bisa diralat dan diperbaharui kapan saja oleh para penulisnya.


Saya juga senang (jangan heran, memang normalnya saya selalu senang dan gembira) jika ada yang bertanya dan jawaban pertanyaan itu sudah ada di www.ilmuterbang.com, maka sekali lagi dengan senang hati saya berikan linknya.


Sayangnya ada beberapa pertanyaan yang membuat saya agak sedih (hati tetap senang tapi kurang gembira). Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang:

  • menggunakan gaya SMS sehingga susah dimengerti.
  • jawabannya ada di kamus.
  • jawabannya ada di post/thread di bawahnya.
  • jawabannya bisa dicari di mesin pencari baik  google, yahoo, atau yang lainnya.
  • jawabannya bisa dicari dengan memasukkan kata yang dicari di kolom Cari di pojok kanan ataswww.ilmuterbang.com
  • Jawabannya ada di halaman utama (halaman depan) www.ilmuterbang.com
  • Setelah dijawab, dan link artikel untuk jawaban telah diberikan, tapi kembali bertanya pertanyaan lain yang jawabannya juga ada di artikel tersebut jika memang dibaca.

Untuk pertanyaan dengan gaya SMS amat sangat mengganggu. Setiap daerah punya bahasa dan gaya sendiri-sendiri, dan di internet anda tidak terbatas dengan jumlah karakter yang dikirimkan dan tidak harus bayar lebih untuk memberi pertanyaan dan komentar yang jelas .


Contohnya "cya mo jd pilt, gmn crx?" saya menterjemahkannya "Saya mau jadi pailit gimana caranya?" sehingga bisa saya jawab "main judi saja"...

Kalau benar mau jadi pilot, apa susahnya mengetik "Saya mau jadi pilot, gimana caranya?". Mudah, sederhana, menghargai pertanyaannya sendiri dan menghargai orang yang akan menjawab.


Saya yakin semua admin dan member grup ilmuterbang.com akan senantiasa memberi informasi yang terkini pada semua pertanyaan yang masuk. Tapi kalau sebuah pertanyaan datang berulang-ulang, tentunya yang menjadi pertanyaan adalah "Seriuskah anda bertanya?".


Jenis pertanyaan lain yang membuat saya kurang gembira adalah pertanyaan tugas sekolah atau kuliah. Tidak ada salahnya bertanya jika tidak mengerti, tapi bukan berarti anggota grup harus mengerjakan tugas sekolah/kuliah anda. Jadi hanya tanyakan bagian yang tidak dimengerti dari tugas tersebut, bukan copy paste pertanyaannya ke wall.


Misalnya, ada pertanyaan " Jelaskan tentang gaya angkat, jawab ya...",  tanpa disuruh pun para anggota grup akan berbagi jawaban, kalau disuruh malah biasanya pada malas menjawab. Tapi yang lebih benar, anda bisa cari tentang gaya angkat di internet, bahkan banyak sekali dokumen dalam bahasa Indonesia akan diberikan oleh mesin pencari internet.


Nah kalau ada yang belum dimengerti dari semua jawaban tersebutlah baru anda bisa bertanya di grup. Sehingga pertanyaannya akan lebih baik seperti ini " Saya sedang belajar tentang gaya angkat, tapi masih belum jelas kenapa selalu ada drag pada waktu ada lift", maka saya jamin puluhan comment akan membanjiri pertanyaan anda, para anggota akan menjawab dengan caranya masing-masing. Terima kasih semua anggota grup yang telah berkenan berbagi ilmu..


Terus berbagi ... share your knowledge it will multiply.............

--------------------...........................................-------------


Menambahkan tulisan di atas, saya melihat setiap pertanyaan makin lama tidak hanya dijawab dengan jawabannya tapi juga dijawab dengan pemberian motivasi. Alhamdulillah, ternyata berbagi bukan hanya ilmu yang bisa kita bagikan, tetapi juga semangat. Terima kasih para provokator grup yang  rela meluangkan waktunya untuk menyemangati yang lain.

contohnya ini:

"wakakakaka... bang.. kok nyerah bang? ayo bahasa inggrisnya di upgrading.

bukan demi aviasi aja... tp demi kehidupan sehari2. :)"


Yang lebih hebat lagi adalah si penanya biasanya termotivasi dan berjanji akan kembali lagi dengan pertanyaan lain.


Semoga semangat kekeluargaan ini akan membuat kita maju bersama-sama... amiin.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top