Pada saat tulisan ini dibuat, kondisi bandar udara Adi Sutjipto Jogjakarta kadang-kadang dibuka-kadang-kadang ditutup karena keadaan abu vulkanis dari gunung Merapi. Abu ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kerusakan mesin yang tiba-tiba.

Kenapa ada maskapai penerbangan yang masih terbang ke Jogja?
Karena kepedulian dan kewaspadaan yang rendah serta aspek bisnis memaksa maskapai-maskapai ini terbang ke Jogjakarta. Adanya penumpang di penerbangan ini membuat maskapai-maskapai ini memaksakan penerbangan ke daerah berabu vulkanik.

Bagaimana dengan pilotnya? Apakah mereka peduli? Para penerbang sangat peduli dengan abu vulkanik ini, tapi kadang-kadang tidak bisa menolak untuk terbang ke Jogjakarta atau ke daerah lain yang terkontaminasi debu vulkanik karena secara legal masih dibolehkan jika tidak langsung terbang ke arah abu vulkanik tersebut.

Tapi yang mungkin tidak disadari oleh maskapai-maskapai ini adalah, konsentrasi abu vulkanik (awan vulkanik) bisa bergerak ke mana saja mengikuti angin.

Jadi misalnya laporan cuaca menunjukkan Jogjakarta masih bebas dari abu. Abu terbang menjauhi kota Jogjakarta pada saat sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Jogjakarta. Dalam beberapa saat perubahan angin lokal dapat membawa abu ke arah sebaliknya tanpa diketahui dan disadari baik oleh pilot, ATC dan personil BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika). Hal ini karena abu vulkanik tidak terdeteksi di radar cuaca dan jika ada laporan tentang kontaminasi abu vulkanik maka akan membutuhkan waktu untuk disebarkan ke para penerbang.

Akibatnya?
Sehari sebelum tulisan ini dibuat, sebuah pesawat yang akan mendarat ke Jogjakarta kehilangan visual (pandangan) ke landasan pada ketinggian 500 kaki dan harus terbang lagi (divert) ke Surabaya.
Paling tidak, mesin pesawat tersebut kemungkinan sudah menyedot abu vulkanik dan bisa menimbulkan kerusakan baik ringan maupun berat. Kerusakan ini juga bisa saja terasa atau berakibat pada penerbangan berikutnya.

Apa yang bisa anda perbuat sebagai penumpang?
Tunda penerbangan anda ke daerah abu vulkanik demi KESELAMATAN anda. Anda juga bisa mengalihkan penerbangan anda ke kota terdekat yang aman dan meneruskan perjalanan dengan transportasi darat yang lebih aman.
 
Penundaan, pengalihan atau pembatalan penerbangan anda dapat memaksa secara sementara pembatalan penerbangan ke daerah abu vulkanik oleh maskapai-maskapai sampai keadaan aman. Pengalihan penerbangan anda juga tidak membuat maskapai-maskapai ini rugi.

Dengan berkurangnya permintaan (demand) dari pelanggan ke arah kota yang terkontaminasi dengan abu vulkanik, juga akan membuat penerbangan anda selanjutnya lebih aman.
Silahkan forward message ini ke teman-teman anda yang akan melakukan penerbangan ke daerah abu vulkanis. Informasi kerusakan akibat abu vulkanis dapat dibaca di:
http://ilmuterbang.com/artikel-mainmenu-29/keselamatan-penerbangan-mainmenu-48/462-laporkan-volcanic-ash

Wish a safe flite for everybody

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top