{youtube}uvagjouNvPo{/youtube}

Pada tanggal 8 Agustus 2009, terjadi tabrakan antara 1 buah pesawat kecil dan sebuah helikopter di atas sungai Hudson. Sungai yang sama di mana sebuah pesawat jet Airbus A320 mendarat darurat di bulan Januari 2009. Berbeda dengan kecelakaan A320 yang tidak ada korban jiwa, tabrakan kedua pesawat ini mengakibatkan 9 orang meninggal, termasuk 5 orang turis Italia yang menumpang helikopter jenis Eurocopter AS350 untuk berwisata keliling New York. Sedangkan pesawat Piper Saratoga PA-32R-300 berisi pilot, saudara laki-lakinya dan keponakannya. Sayangnya kedua pesawat tersebut bukanlah pesawat besar yang dilengkapi dengan black box dan rekaman suara kokpit yang dapat membantu penyelidikan kecelakaan.

Penyelidikan sampai saat ini mengungkap banyaknya hal yang memicu kecelakaan ini, termasuk padatnya lalulintas VFR di atas sungai Hudson dan kondisi ATC yang bekerja sendirian dan menerima telepon pribadi diselingi telepon antar ATC.

Sungai Hudson adalah sungai yang ada di kota Manhattan, New York, yang merupakan salah satu kota tersibuk di dunia. Di sekitar kota Manhattan ini ada dua bandar udara yang juga super sibuk, Newark Airport dan John F Kennedy Airport. Penulis pernah suatu kali bertugas terbang dari Newark ke Geneva di Swiss dan mendapat giliran untuk lepas landas dengan nomor urut 24. Jadi di depan kami ada 23 pesawat besar dan kecil mengantri untuk lepas landas dan kami perlu menunggu lebih dari 50 menit untuk lepas landas.

Kedua bandar udara ini adalah Class B airspace, yaitu ruang udara yang memiliki syarat ketat untuk memasukinya, seperti misalnya harus mendapat ijin/ clearance, memiliki transponder dan peralatan navigasi VOR. Sedangkan di atas sungai Hudson, ruang udaranya lebih bebas (Hudson River Class B exclussion area) yang merupakan gabungan dari ruang udara kelas E dan kelas G. Syarat untuk memasuki masing-masing ruang udara dapat anda baca di CASR part 91.126-131 yang dapat anda download di bagian pranala.

Selain pesawat yang hilir mudik ke kedua bandara tersebut, banyak juga pesawat yang terbang dengan aturan VFR dan membawa turis keliling kota Manhattan, dan melihat patung Liberty yang terkenal itu. Di sinilah masalahnya bermula. Berbeda dengan negara kita, di Amerika Serikat pesawat yang ingin terbang VFR tidak perlu mengadakan komunikasi dengan ATC dan tidak perlu mengisi ATC flight plan. Sebab itu untuk menghindari ruang udara kelas B ini, pesawat-pesawat tersebut tetap berada di luar batas kelas B dan berkomunikasi di antara mereka sendiri. Pernyataan dari NTSB mengatakan bahwa rata-rata ada 200 penerbangan di atas sungai Hudson ini. Sebuah video tentang hal ini dapat anda lihat di tautan di bawah ini.

http://edition.cnn.com/video/#/video/us/2009/08/16/helicopter.crash.tou.cnn?iref=videosearch

Dalam keadaan lain jika seseorang terbang VFR tapi penerbang tersebut berkomunikasi dengan ATC, maka ATC biasanya akan membantu untuk memberikan separation/ pembatasan jarak antar pesawat dengan radarnya jika tidak sedang sibuk mengatur penerbangan IFR. Pada kasus kecelakaan ini, posisi kedua pesawat diawali dengan frekuensi yang berbeda dan ATC Teterboro dan ATC Newark mencoba untuk berkordinasi mengatur lalulintas di antara kedua ruang udara (Teterboro dan Newark).

Penyelidikan kecelakaan ini mungkin sudah selesai tapi ada beberapa masalah yang terungkap yang menjadi pelajaran berharga, yaitu:

  • Pengaturan antar pesawat di VFR corridor pada saat berpindah dari ruang udara kelas B ke ruang udara kelas G dan E.

  • Penerbang Piper yang menggantungkan bantuan radar, padahal sudah memasuki ruang udara di atas sungai Hudson yang memerlukan monitoring di frekuensi tersendiri.

  • ATC yang hanya bekerja sendiri dan menggunakan telepon pribadi untuk menghubungi pacarnya di saat yang bersamaan.(http://edition.cnn.com/video/#/video/us/2009/08/15/candiotti.controllers.suspended.cnn?iref=videosearch)

  • Kemungkinan penerbang Piper yang salah mendengar frekuensi radio yang diberikan oleh ATC Teterboro dan ATC Teterboro tidak mendengarkan readback penerbang (http://www.ntsb.gov/Speeches/hersman/daph090916.html)

sumber:
http://www.ntsb.gov/publictn/animations.htm
http://www.ntsb.gov/Speeches/hersman/daph090916.html
http://edition.cnn.com/video/#/video/us/2009/08/15/candiotti.controllers.suspended.cnn?iref=videosearch

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top