GAF NomadSehubungan dengan kecelakaan pesawat buatan Australia, GAF Nomad milik TNI AL, website www.kompas.com pada tanggal 7 September 2009, menulis pesawat Nomad adalah pesawat kematian (the death airship). Mengapa demikian? Karena dari 170 pesawat yang diproduksi, 100 pesawat jatuh. 24 kecelakaan menghancurkan pesawat (total loss) dan 76 lainnya rusak berat dan ringan.

Angka di atas tidaklah akurat karena mungkin diambil dari website wikipedia.org yang belum di update. Sampai kecelakaan terakhir di Bulungan, Kalimantan ini, total jumlah kecelakaan yang melibatkan GAF Nomad adalah 31 kecelakaan yang berakibat total loss. Silahkan lihat referensi di akhir artikel ini untuk melihat data yang tertulis di aviation-safety.net.

 
Yang lebih menarik lagi jika anda berselancar di internet, ternyata Australian Broadcasting Corporation menyebut pesawat ini sebagai widow-maker (pembuat janda). Di salah satu transkrip wawancaranya pada tahun 2004 terungkap bahwa salah seorang teknisi Nomad bunuh diri dan istrinya mengatakan penyebab bunuh diri suaminya adalah karena depresi.

Wawancara reporter ABC dengan istri teknisi Nomad, Madonna Paul dimulai dengan pemaparan produksi Nomad yang diperkirakan adalah sebuah skandal karena terkenal dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi tapi militer Australia tidak meng-”grounded” pesawat tersebut sampai tahun 1995. Dua puluh tahun pertama terjadi 19 kecelakaan dengan 56 korban meninggal, rata-rata hampir setahun sekali ada kecelakaan. Kebanyakan orang memperkirakan kecelakan-kecelakaan tersebut bukanlah human error atau pilot error, tapi adalah karena kesalahan rancangan pesawat yang ditutup-tutupi.

Janda Madonna Paul mengatakan bahwa suatu saat sebuah pesawat Nomad jatuh dan salah satu korbannya adalah teman suaminya sendiri. Yang lebih parah lagi, suaminya, Michael Paul, adalah orang yang menandatangani dokumen pesawat tersebut.

 
Sebagai “fitter”, Michael bukanlah orang yang bisa meng-”grounded” pesawat, tapi tanda tangannya dibutuhkan untuk melepas pesawat tersebut agar bisa terbang. Dia khawatir dengan masalah rancangan pesawat tersebut tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Menurut istrinya dia pernah menyatakan kekhawatirannya pada komandannya tapi jawabannya adalah, “Diam saja, tanda tangan atau kamu akan dihukum”. Akhirnya Michael keluar dari militer dan bunuh diri sekitar sepuluh tahun kemudian setelah pesawat Nomad yang dia tandatangani jatuh dan membunuh teman baiknya.
 

Apa yang bisa dilakukan?

Selain menyarankan kepada pemerintah dan TNI untuk mengganti Nomad dengan produksi dalam negeri CN235 MPA yang lebih bertenaga dan dapat menjangkau area patroli yang lebih luas, penulis juga merasa perlu adanya tindakan pemeriksaan lebih lanjut pada armada Nomad yang masih beroperasi.  

 

Penerbang

 
Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menurunkan moril penerbang Nomad yang masih beroperasi terutama di Indonesia. Penerbang adalah pekerjaan dengan resiko yang sangat tinggi. Jadi seorang penerbang adalah risk manager yang tahu kapan sebuah pesawat laik terbang atau tidak, dari segala sisi, baik teknis, cuaca atau keadaan penerbangnya sendiri baik fisik ataupun mental.

Dengan tahu kelemahan pesawat ini, maka kecelakaan dapat dihindari. Misalnya, jika sebuah pesawat punya kelemahan di satu bagian, maka bagian tersebut harus diperiksa ekstra teliti.

Yang bisa dilakukan oleh penerbang Nomad saat ini selain meningkatkan kewaspadaan dalam memeriksa pesawatnya sebelum terbang juga melakukan prosedur dengan disiplin.


Bagian pemeliharaan

 

Bagian pemeliharaan yang bertanggung jawab pada kelaikan pesawat Nomad diharapkan dapat mengikuti semua Perintah Kelaikan Udara (AD, Airworthiness Directive) yang dikeluarkan oleh pabrik GAF Nomad.

 
Anda dapat melihat semua AD yang berlaku pada website Australian CASA (Civil Aviation Safety Authority). Kami sediakan linknya di bawah artikel ini.
 
referensi:
 
Airworthiness Directive: http://www.casa.gov.au/scripts/ad_display.asp?session=573315873&pc=PC_90830&sched=under&toc=GAF-N22
 
 
Australian Broadcasting Corporation : http://www.abc.net.au/7.30/content/2004/s1163290.htm
 
wikipedia.org: http://en.wikipedia.org/wiki/GAF_Nomad
 
kompas.com: http://regional.kompas.com/read/xml/2009/09/07/17151031/nomad.the.death.air.ship
kompas.com: http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/09/09/05400053/Nomad..MPA..dan.Kemaritiman.Kita
aviation-safety.net: http://aviation-safety.net/database/dblist.php?field=typecode&var=250%&cat=%1&sorteer=datekey&page=1
 
iasa.com: http://www.iasa.com.au/folders/Safety_Issues/RiskManagement/curse_of_the_nomad.html
 
 
Laporan final kecelakaan Nomad pada tahun 1976 di Australia:
 
 
 
 
http://www.atsb.gov.au/publications/investigation_reports/1976/aair/pdf/197603014.pdf
gambar Nomad di atas diambil dari wikipedia.org dengan lisensi public domain.

 

 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top