From: Adi Atmaja
To: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sent: Thursday, January 29, 2009 12:11 PM
Subject: asking ?

Kak' bagaimana caranya menggunakan MCP (mode control panel) pada pesawat Airbus Axxx ???

Halo Adi,


Panel MCP di pesawat Boeing disebut FCU di pesawat airbus A3xx. Keduanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu memberi perintah pada auto pilot dan flight director. Mengenai flight director akan dibahas di tulisan yang berbeda.

Biarpun tujuannya sama, cara mengoperasikan MCP dan FCU agak berbeda karena dibuat oleh pabrik pesawat yang berbeda. api di MS Flight Simulator, cara pengoperasiannya sama dan cukup mudah. Sebelum mulai dengan cara kerja FCU, tombol untuk mengaktifkan auto pilot di Microsoft Flight Simulator adalah tombol Z.

Auto pilot di Microsoft Flight Simulator akan mengikuti perintah yang kita berikan di FCU. Ada 3 hal utama yang bisa diatur:

1. kecepatan

2. arah pesawat (heading)

3. ketinggian


Kita memberikan ketiga parameter tersebut dengan tombol pemutar yang bisa diputar ke kanan atau ke kiri dan hasilnya ada di jendela yang berisi angka ketiga parameter tersebut.

Ada dua jenis tombol di MCP/FCU, yang pertama adalah push button (tombol tekan) dan rotate knob (tombol pemutar). Push button hanya bisa ditekan sedangkan rotate knob bisa diputar, juga ada yang bisa ditekan dan ditarik. Di Microsoft Flight Simulator biasanya rotate knob hanya bisa diputar.

Setelah kita memberikan parameter yang dibutuhkan, maka kita akan memerintahkan autopilot untuk menjalankannya.


Contohnya:

a. untuk arah/heading, kita putar arah yang dituju (000° s/d 359°) lalu tekan tombol HDG di MCP.

b. Sedangkan untuk kecepatan putar kecepatan yang kita mau, lalu tekan tombol SPD.

c. Untuk naik atau turun, masukkan ketinggian dan tekan tombol Level Change.


Contohnya penggunaan: Setelah take off, masukkan angka 250 di jendela kecepatan (speed window), heading misalnya 000 (ke utara) di jendela heading, dan 10000 di jendela ketinggian (ALT). Lalu tekan tombol Z di keyboard atau AP di MCP/FCU, untuk mengaktifkan auto pilot dan tekan tombol HDG dan SPD dan LVL CHG di MCP/FCU.

Jangan lupa mengaktifkan/ menekan tombol auto thrust (A/THR) agar mesin pesawat juga dikendalikan oleh MCP/FCU. Maka auto pilot akan membelokkan pesawat ke arah 000°dan kecepatan 250 Knots dan naik/turun ke 10 ribu kaki.


Di pesawat aslinya untuk pesawat Airbus tidak ada tombol HDG, SPD atau LVL CHG. Untuk mengaktifkan perintah maka kita menarik tombol pemutar yang bersangkutan. Misalnya setelah memutar tombol ke kecepatan ke 250 knot, lalu kita menarik tombol tersebut.  

 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top