Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel Weight&balance: berat pesawat. Kali ini yang akan kita bahas adalah beberapa definisi berat yang berhubungan dengan bahan bakar/fuel.

Zero Fuel Weight (ZFW): adalah Dry Operating Weight ditambah dengan Total Traffic Load (penumpang, kargo dan muatan lainnya). ZFW tidak termasuk bahan bakar yang akan dimuat di pesawat.

Jadi agar mempermudah menghapal istilah-istilah tersebut, perlu ditekankan beberapa pemahaman. Yang pertama adalah, berat pesawat akan berubah pada saat bahan bakar mulai dipakai. Pemakaian APU juga mengurangi bahan bakar. Contohnya pada waktu parkir, jika APU menyala maka di pesawat A330 konsumsi bahan bakarnya adalah 215kg jika pengatur udara atau AC (yang disebut packs) menyala dan generatornya juga dipakai untuk memberi listrik di darat.

Trip Fuel: jumlah bahan bakar yang dibakar dalam perjalanan

Jadi jika pesawat perlu APU selama satu jam sebelum berangkat, ada ekstra bahan bakar sebanyak 215 kg yang harus dimuat ke dalam pesawat.

Setelah mesin pesawat dinyalakan dan APU dimatikan, maka bahan bakar akan dipakai untuk taxi, bergerak dari tempat parkir ke landasan. Inilah yang disebut dengan Taxi Fuel. Jadi taxi fuel adalah bahan bakar yang digunakan di darat sebelum take off.

Setelah pesawat taxi ke landasan dan bersiap-siap lepas landas, maka bahan bakar yang masih ada di tanki adalah Take Off Fuel.Di sini berat pesawat adalah Take Off fuel ditambah dengan ZFW.

Take Off Weight:  ZFW +  Take Off Fuel.

Operating Weight: adalah berat Operational Empty Weight ditambah bahan bakar untuk take off (OEW + take off fuel). Berat ini adalah berat pesawat, awak dan perlengkapannya tanpa muatan ditambah bahan bakar pada waktu lepas landas.

Trip Fuel: adalah jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk terbang dari bandar udara asal ke bandar udara tujuan.

Landing Weight: adalah berat pesawat pada waktu mendarat. Berat ini adalah Take Off Weight dikurangi trip fuel.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Beberapa istilah dari buku-buku FAA yang berlaku untuk pesawat General Aviation:

Empty Weight. The weight of the airframe, engines, all permanently installed equipment, and unusable fuel. Depending upon the part of the federal regulations under which the aircraft was certificated, either the undrainable oil or full reservoir of oil is included.

Basic Operating Weight (BOW). The empty weight of the aircraft plus the weight of the required crew, their baggage and other standard item such as meals and potable water.

Maximum Ramp Weight. Maximum weight approved for ground maneuver. It includes weight of start, taxi, and runup fuel.

Standard Empty Weight. Weight of a standard airplane including unusable fuel, full operating fluids, and full oil.

Payload.  Weight of occupants, cargo, and baggage.

 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top