Holding adalah salah satu prosedur dalam instrument rating yang sering membuat murid kesusahan, dan instruktur-instruktur pun sering menemui kesusahan untuk mengajari cara untuk melakukan hold.

Ketika ditanya tentang semua teori holding, sang murid dengan sangat lancar menjawabnya,  saat terbangpun, setelah diberi instruksi oleh sang pelatih tentang entry apa yang akan digunakan, dan heading yang akan digunakan, sang murid terbang dengan sangat baik, trackingnya mantap.   

Tetapi, sebenarnya, salah satu masalah murid-murid yang utama adalah, menentukan entry yang mana akan digunakan. Kurangnya situational awareness di level ini walau sangatlah wajar, tetapi bisa membuat murid frustasi.

Juga salah satu hal yang membuat sang murid frustasi biasanya adalah instruktur yang terus-menerus memberi  tahu  sang murid “belok sekarang, hitung satu menit, belok lagi”, tanpa memberi kesempatan untuk sang murid mengerti apa yang terjadi.

Sekarang, sebelum kita melihat masalah holding entry, mari kita bahas tentang instruksi ATC untuk holding.

Saya sarankan murid-murid untuk “menggambar” daripada menulis.
Mari kita coba,

 “Skyhawk 35549, hold northeast of Ormond VOR, radial 030°, 2000 feet,  EFC at 1300Z”

Nah, kita replay saat kita pertama kali mandengar call-sign kita, “skyhawk 35549…”

1. Saat itu juga, gambarlah sebuah titik di sebuah kertas. Titik ini adalah fix atau VOR dimana kita akan hold nantinya.

 
2.“...hold northeast…”    
            
    
3. “…of Ormond VOR, radial 030°....”

4.“…2000 feet, EFC at 1300Z”
 
5.Karena tidak adanya petunjuk tentang arah belok, maka kita akan menggunakan belok kanan (standar)

   
Sekarang kita sudah mendapat instruksi dari ATC, dan kita direct menuju OMN VOR.


Kita berada  170° radial dari VOR, maka kita 350° kearah VOR.
Di sini, dan di manapun dalam training, instruktur harus sangat berhati-hati dengan kosakata, sering saya mendengar situasi seperti ini disebut  “radial 350° ke(to) VOR” ingat, tidak ada radial ke(TO), hanya ada radial Dari(FROM) !

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Jadi situasi kita, seperti bila dilihat dari dalam kokpit, akan seperti ini:



Sekarang, adalah saat untuk menentukan entry yang pantas untuk situasi seperti ini.

Metode ini disebut Thumb Method (metode ibu jari)

1) Karena hold ini akan menggunakan belok kanan, maka gunakan ibu jari kanan anda. Letakkan ujung ibu jari anda di 90° dari heading yang anda gunakan untuk menju VOR.
 
2) Gambarlah dibenak anda garis 70° dari heading anda kearah ibu jari
 
3) Bayangkan pula ada garis tegak lurus dari atas, sampai ke tengah heading indicator anda
 
4) Sekarang anda memiliki 3 bagian terpisah yang masing-masing mempresentasikan 3 jenis entry
 
5) Lalu kita cari letak 030° (radial holding) di heading indicator kita, dan voila! Masalah terpecahkan, holding entry yang baik untuk situasi ini adalah teardrop entry. Karena 030° terletak di area T!


P melambangkan Parallel entry

T melambangkan Teardrop entry

D melambangkan Direct Entry

Untuk holding pattern dengan belok kiri, langkah-langkah yang anda ambil tetaplah sama, hanya anda akan perlu menggunakan  ibu jari kiri anda, dan posisi T dan P berubah, ingatlah, T selalu dekat di ibu jari.
Dan percayalah, tidak satupun dari holding entry itu yang wajib. Ketiga jenis entry tersebut hanyalah rekomendasi dari FAA yang bisa ditemukan di Aeronautical Information Manual. Tanpa berkesan meremehkan holding entry yang tepat, instruktur perlu menegaskan hal ini ke tiap murid-muridnya. Dan memasuki holding pattern dengan benar tentu merupakan ciri-ciri aviator yang baik.

Sekian dari saya tentang holding entry.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top