Simulasi Flow Separation (Stall) dalam Virtual Wind Tunnel
Sumber : Arsip Penulis)

Setelah membaca artikel tentang Stall di artikel "Apa itu Stall" ini, saya cukup tergugah untuk membuat artikel yang sama tetapi dalam perspektif yang berbeda.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Stall adalah suatu kondisi aerodinamika di mana Lift Coefficient (CL) mulai berkurang yang disebabkan oleh Angle of Attack (AoA) yang meningkat dan melampaui batasan Critical Point.

Dari perspektif aerodinamika, Stall terjadi karena adanya pemisahan aliran (Flow Separation) pada bagian aliran yang dekat/menempel ke permukaan sayap (Boundary Layer), istilah kerennya yaitu Boundary Layer Separation. Flow Separation ini terjadi ketika Boundary Layer yang sedang mengalir di atas permukaan atas sayap terlepas (Detached) dari permukaan sayap dan menjadi Turbulent Flow berupa Vortex maupun Eddy. Kondisi ini terjadi karena Boundary Layer (bagian Inner Layer) perlahan mengalami perlambatan (Deceleration), dan ketika kecepatan aliran Inner Layer relatif terhadap permukaan sayap menjadi Nol atau No-Slip Condition, terjadilah Flow Separation.


Konsep Boundary Layer
(Sumber : www.bakker.org dan www.google.com )

Kronologi

Kronologi terjadinya Flow Separation pada Boundary Layer
(Sumber : Arsip Penulis)

Flow Separation mulai terjadi ketika Angle of Attack mulai bertambah. Pada saat itu Flow Separation hanya terjadi di dekat Trailing Edge dan masih dalam skala kecil. Seiring dengan bertambahnya Angle of Attack, area Separated Flow di bagian atas permukaan sayap pun semakin bertambah. Bertambahnya area Separated Flow akan menambah Drag (Pressure Drag) pula. Saat Angle of Attack belum mencapai batas Critical Point, bertambahnya area Separated Flow diimbangi dengan bertambahnya Lift Coefficient (CL). Tetapi, setelah Angle of Attack melewati batas Critical Point, Lift Coefficient (CL) akan berkurang dan sayap pesawat sudah tidak bisa memproduksi Lift lagi, sedangkan area Separated Flow dan Drag semakin membesar. Hasilnya Lift pada pesawat tidak bisa mengimbangi Weight pesawat itu sendiri. Terjadilah Stall.

 

 

 

 

Artikel terkait

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top