Sesuai dengan UU NO 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan pasal 284 Pelayanan informasi aeronautika sebagaimana di maksud dalam Pasal 270 huruf c bertujuan tersedianya informasi yang cukup, akurat, terkini dan tepat waktu yang diperlukan untuk keteraturan dan efisiensi penerbangan.

Pasal 285

  1. Pelayanan informasi aeronautika sebagaimana dimaksud dalam Pasal 284 memuat informasi tentang fasilitas, prosedur, pelayanan di bandar udara dan ruang udara.
  2. Informasi aeronautika sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas paket informasi aeronautika terpadu dan peta navigasi penerbangan.
  3. Paket Informasi aeronautika terpadu sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdiri atas;
  • a.    Publikasi informasi aeronautika (Aeronautical Information Publication)
  • b.    Notifikasi kepada penerbang dan petugas lalu lintas penerbangan (notice to airmen);
  • c.    Edaran informasi aeronautika (aeronautical information circulars); and
  • d.    Bulletin yang berisi informasi yang diperlukan sebelum penerbangan.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2009 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil 175 (PKPS 175), bahwa NOTAM (Notice To Airmen) adalah pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan disetiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui oleh personil operasi penerbangan.

NOTAM yang dibuat dan diterbitkan untuk ruang udara Indonesia (Jakarta Flight Information Region/FIR dan Ujung Pandang FIR) didistribusikan dalam 3 (tiga) Seri yang diidentifikasi dengan huruf A, B, dan C :

  • NOTAM Seri A : untuk pendistribusian nasional dan internasional.
  • NOTAM Seri B : untuk pendistribusian nasional dan internasional terbatas negara tetangga.
  • NOTAM Seri C : untuk pendistribusian nasional.

Monthly NOTAM Summary / Printed Plain-Language Summary (PPLS) :  berisikan daftar NOTAM (NOTAM Checklist) yang masih berlaku pada tanggal diterbitkannya PPLS tersebut, termasuk AIP Amendment, AIC yang terakhir diterbitkan dan daftar dari AIP Supplement yang masih berlaku.

NOTAM yang bersifat penting namun berjangka waktu pendek tidak dimasukkan dalam Monthly NOTAM Summary ini. Namun bisa didapatkan pada unit Briefing Office bandar udara – bandar udara terdekat atau pada :

Kantor NOTAM Internasional - Indonesia

Alamat             :  Gedung Karya, Lantai 7
                           Jalan Medan Merdeka Barat No. 8
                           Jakarta 10110, Indonesia
Telepon           : (06) (21) 3507603, 3516961
Fax                 : (06) (21) 3507603,
AFTN             : WRRRYNYX
E-mail            : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 

Artikel terkait

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top