Dalam proses penerimaan penerbang di Indonesia sering disebut kata penerbang ab-initio atau ab-initio pilot. Kata ini tidak berkorelasi langsung dengan penerbangan. Kata ini juga hanya populer di Indonesia.

Maksud dari kata ini adalah merujuk pada penerbang yang baru lulus mendapatkan Commercial Pilot License. Penerbang yang tidak punya pengalaman sama sekali. Pengalaman yang ada hanya pengalaman terbang pada waktu belajar di sekolah penerbang/flying school.

Ab-initio sendiri berasal dari kata latin yang berarti "dari permulaan", from the beginning,

adverb ab in·i·tio \ˌab-ə-ˈni-shē-ˌō\

sumber: kamus merriam-webster

Jika penerbang ini disekolahkan oleh maskapainya, sebutannya biasanya adalah kadet/cadet. Setelah selesai sekolah, kadet ini bisa beda lagi sebutannya. Di tempat saya bekerja sekarang di Timur Tengah, jenjang karir permulaan ini disebut second officer. Jadi istilah ab-initio tidak dikenal di sini.

Ada juga yang menyebutnya dengan istilah initial pilot. Padahal di tempat lain, sebutan initial pilot adalah calon siswa penerbang. Apa saja istilah yang digunakan sebenarnya bebas saja. 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top