“no person may serve as a pilot in command (PIC) on an airplane engaged in operations under this part if that person has reached his or her 65th birthday, or the amount of the age of both pilot exceed 115 years”

Kutipan di atas diambil dari part 121.

Hal tentang usia penerbang sudah sering dibahas dan tertulis di beberapa artikel tapi masih saja ada yang bertanya baik lewat email ataupun melalui forum penerbangan. Saya akan uraikan aturan mengenai usia ini sedalam mungkin di artikel ini. Semoga bisa menjawab banyak pertanyaan orang-orang yang ingin menjadi penerbang.

Sebelumnya mari kita bedakan antara penerbang non-komersial dan penerbang komersial.
 

Penerbang non-komersial (Private License)

Pemegang lisensi PPL tidak bisa bekerja secara komersial dengan lisensinya.

  • Usia minimum mendapatkan PPL: 17 tahun (16 tahun untuk PPL balon atau PPL glider).
  • Usia maksimum: Tidak ada, selama pemegang lisensi PPL tersebut lulus tes kesehatan.

 

Penerbang komersial

Penerbang komersial adalah penerbang yang memegang lisensi CPL atau ATPL.

  • Usia minimum mendapatkan CPL:  18 tahun
  • Usia maksimum mendapatkan CPL: tidak ada.

Jadi anda bisa mulai sekolah penerbang untuk mendapatkan CPL mulai usia berapa saja tapi perlu diingat bahwa kebanyakan maskapai penerbangan hanya menerima penerbang baru dengan usia di bawah 30 tahun. Jika anda lebih dari 30 tahun, rencanakan dengan matang dengan menghitung resiko baik waktu ataupun keuangan. Pada waktu tulisan ini diterbitkan, masih ada maskapai yang menerima penerbang baru yang berusia lebih dari 30 tahun bahkan 40 tahun. 

Aturan untuk maskapai penerbangan juga membatasi penerbangnya sampai usia 65 tahun (rujukan: CASR part 135.389 dan part 121.383).

Dengan pembatasan ini, maka seorang pemegang CPL hanya bisa bekerja di maskapai sampai usia 65 tahun tapi masih bisa bekerja sebagai penerbang non-maskapai seperti penerbang pesawat penarik banner, penyemprot, dan lainnya.

Bahkan kalau kita baca kutipan CASR part 121 di atas, jelas bahwa jika seorang penerbang di kokpit berusia 60 lebih maka penerbang yang lain harus berusia kurang dari 60. Penjumlahan usia keduanya tidak boleh lebih dari 115. Misalnya seorang penerbangnya berusia 60 maka usia maksimum penerbang yang lain adalah 115-60=55 tahun.
 

Flight Instructor

  • Usia minimum menjadi Flight Instructor:  18 tahun.
  • Usia maksimum menjadi Flight Instructor: 60 tahun.

Kesempatan untuk berkarir menjadi instruktur penerbang adalah 60 tahun.
 

Batasan usia dari sekolah penerbang

Ada beberapa sekolah penerbang yang membatasi usia maksimum masuk sekolah tersebut. Hal tersebut adalah murni kebijakan dari sekolah, bukan peraturan menjadi penerbang yang ada di aturan CASR part 61. Sekolah yang membatasi usia siswanya biasanya adalah sekolah yang disubsidi oleh instansi pemerintah atau swasta. Sekolah yang tidak bersubsidi pun boleh-boleh saja membatasi usia siswanya. Tidak ada aturan yang mengatur hal ini.


Catatan:

  • Secara umum aturan di atas di ambil dari CASR part 61.
  • Perbedaan setiap lisensi sudah diterangkan di artikel lain di menu menjadi penerbang.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top