Banyak orang mengira bahwa kalau sudah lulus dari sekolah penerbang/flying school dan memiliki Commercial Pilot License (CPL), maka bisa menerbangkan pesawat apa saja.

Setelah punya PPL, CPL bahkan ATPL, seorang penerbang harus mengikuti pelatihan untuk menerbangkan pesawat-pesawat di bawah ini:

  • Pesawat yang disertifikasi untuk diterbangkan oleh minimum 2 orang.
  • Pesawat besar (large aircraft), dalam peraturan keselamatan pesawat besar ini adalah pesawat dengan berat lepas landas maksimum lebih dari 5700 kg atau 12500 lbs.
  • Helikopter yang pengoperasiannya memerlukan ATPL. Biasanya helikopter dengan satu penerbang dan berat di bawah 5700 kg tidak perlu type rating.
  • Pesawat dengan sumber tenaga turbojet.
  • Pesawat lain yang oleh pihak otoritas diharuskan pada saat mendapatkan sertifikat tipe pesawat.

Belajar sendiri dengan CBT

Pengoperasian pesawat lain seperti menjadi instruktur penerbang, menerbangkan pesawat piston ringan bisa dilakukan tanpa type rating.

Proses mendapatkan type rating sama dengan mendapatkan rating lain seperti instrument rating. Pelatihan teori dan praktek, ujian tulis dan ujian praktek. Jaman sekarang pelatihan teorinya bisa berupa computer based training. Jadi calon pemegang type rating mengikuti pelatihan di institusi yang ditunjuk, belajar sendiri dengan menggunakan komputer.

Selama atau setelah belajar dengan komputer atau di kelas, seorang penerbang harus menjalani pelatihan praktek. Pelatihan ini bisa dilakukan di pesawat sebenarnya atau di simulator. Simulator yang boleh dipakai adalah simulator yang disetujui oleh otoritas.

Untuk pesawat yang besar, pelatihan di pesawat harganya sangat mahal. Untuk menurunkan biaya maka pelatihannya dilakukan di simulator saja. Simulator sendiri ada berbagai jenis. Simulator yang disetujui untuk pelatihan biasanya adalah simulator yang bisa bergerak di 6 poros dan mempunyai kategori visual D. Artinya gerakannya akan sangat mirip dengan pesawatnya dan visual yang dihasilkan mirip dengan sebenarnya.

Setelah lulus ujian tulis dan lulus ujian praktek oleh otoritas penerbangan, maka penerbang tersebut sudah mempunyai type rating pesawat tersebut. Penerbang tersebut bisa disebut type rated di sebuah pesawat. Misalnya Airbus A320 type rated.

Lowongan pekerjaan penerbang kadang juga menyebut lowongan untuk non type-rated. Artinya penerbang tanpa type rating pesawat yang dibutuhkan juga bisa diterima. Setelah diterima maka penerbang tersebut akan menjalani pelatihan type rating yang dibutuhkan. Contohnya, saya pernah menerbangkan Boeing 737 dan kemudian diterima bekerja sebagai penerbang Airbus A320. Pada waktu proses penerimaan itu saya disebut non-type rated. Setelah diterima saya dikirim ke pabrik Airbus untuk belajar Airbus A320. Setelah pulang dari pelatihan saya menjadi A320 type rated pilot.

Biaya type rating ini bisa ditanggung oleh perusahaan yang menerima atau bisa juga ditanggung oleh penerbang yang bersangkutan. Biasanya hukum ekonomi berlaku. Yang membutuhkan akan membayar biayanya.

 

Simulator NASA
Kemampuan gerakan dan visual di dalam simulator menentukan levelnya

---------------------------------------

Sumber:
CASR part 61 LICENSING OF PILOTS AND FLIGHT INSTRUCTORS. LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : PM 50 Tahun 2016 TANGGAL : 3 Mei 2016
61.31
(a) Type ratings required. No person may act as pilot in command or second in
command or Co-pilot of any of the following aircraft unless he holds a type rating:
(1) Each type of aircraft certificated for operation with a minimum crew of at
least two pilots
(2) A large aircraft (except lighter-than-air)
(3) A helicopter, for operations requiring an airline transport pilot license.
(4) A turbojet powered airplane.
(5) Other aircraft specified by the Director General through aircraft type
certificate procedures.

CASR part 1 Definitions and Abbreviations. LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR : KM 25 Tahun 2006 TANGGAL : 23 Mei 2006

- Large aircraft means any aircraft having a maximum certified take-off weight (MTOW) of greater than 5700 kg (12500 pounds).

sumber gambar:
- pribadi
- Raw Image Name: AC97-0295-13
09/24/97
Date: Sept 3, 1997 Photographer: Tom Trower N-257 CVSRF: ACFS (Advanced Cab Flight Simulator) cockpit with (L) Don Bryant and (r) Diane Carpenter in pilot-co-pilot seats

Artikel terkait

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top