Demo keselamatan dengan videoMeskipun kita tidak berharap terjadi sesuatu dengan keamanan perjalanan dengan pesawat udara, ada beberapa tips yang dapat kita jalankan selama melakukan penerbangan untuk menambah keselamatan dan kenyamanan anda.

Dalam setiap penerbangan diharuskan adanya demo keselamatan penerbangan. Demo ini dapat dilakukan oleh awak kabin atau ditampilkan dalam video yang ada dalam kabin pesawat. Kebanyakan perusahaan penerbangan di Indonesia tidak memiliki video dalam kabin, sehingga demo yang mirip pantomim diberikan sesaat sebelum lepas landas.

Kadang penjelasannya sangat singkat dan tidak dapat begitu saja dimengerti. Pembahasan dalam tulisan ini akan menjelaskan dengan rinci apa yang harus dilakukan bila terjadi keadaan darurat dan juga fasilitas apa saja yang ada dalam pesawat terbang yang dapat menambah kenyamanan anda.

 Lampu Petunjuk

 

Lampu petunjuk

Ada beberapa lampu yang dapat anda lihat di kabin pesawat,

 

lampu tanda dilarang merokok

Saat ini hampir semua penerbangan di dunia adalah penerbangan bebas rokok. Jadi lampu ini akan tetap menyala selama penerbangan. Jika anda seorang perokok berat, maka usahakan untuk merokok di area merokok di bandara, sebelum penerbangan. Jangan mencoba merokok dalam toilet karena ada smoke detektor. Jika anda tertangkap merokok di toilet maka di beberapa negara hukumannya cukup berat.

 

 

lampu tanda kenakan sabuk pengaman

Lampu ini akan menyala selama lepas landas dan mendarat. Juga akan menyala pada saat memasuki cuaca yang kurang baik atau jika kemungkinan terjadi turbulensi. Biarpun anda melihat awak kabin mondar-mandir, usahakan untuk tidak melepaskan sabuk pengaman saat lampu ini menyala. Biarpun cukup berbahaya, awak kabin mungkin tidak duduk pada saat lampu ini menyala, tapi mereka cukup terlatih untuk kembali ke tempat duduk mereka dengan cepat pada saat ada aba-aba khusus.

 

Pintu daruratPintu darurat

Perhatikan pintu darurat di sekitar anda. Dalam keadaan darurat kita perlu mencapai pintu darurat yang terdekat. Kadangkala kita tidak sadar bahwa pintu darurat terdekat ada di belakang kita. Perlu diketahui, hanya orang yang mampu membuka pintu darurat yang boleh duduk di dekat pintu darurat.

Yang tidak boleh duduk dekat pintu darurat adalah, antara lain:

  1. Orang yang sudah tua dan butuh bantuan,

  2. anak-anak,

  3. orang sakit,

  4. orang dengan mental terbelakang,

  5. orang dengan kursi roda,Pintu darurat

  6. orang cacat secara fisik termasuk tunanetra.

 

 

 

 

 

 

Tekanan udara dalam kabin

Di ketinggian jelajah pesawat udara, tekanan atmosfir tidak cukup untuk menekan udara ke dalam paru-paru manusia untuk bernafas. Oleh karena itu, dipasang alat pengatur tekanan udara. Biasanya perangkat ini mempunyai beberapa lapis cadangan. Tapi jika perangkat ini tidak berfungsi maka akan terjadi keadaan darurat. Jika terjadi keadaan darurat ini maka topeng oksigen akan jatuh dari langit-langit. Gunakan topeng oksigen ini secepatnya. Jika anda membawa anak kecil atau orang tua, maka pakai topeng ini untuk anda sendiri sebelum menolong yang lain. Jika anda memakaikan topeng oksigen ini pada anak anda sebelum anda sendiri memakainya, dikhawatirkan anda akan jatuh pingsan sebelumnya, atau bahkan sebelum anda selesai menolong anak anda memakai topeng oksigen.

Penggunaan topeng Oksigen


Mendarat darurat

Jika ada pengumuman bahwa pesawat akan mendarat darurat dengan alasan apapun, jangan panik!.

  1. Tegakkan sandaran kursi anda untuk memudahkan bangun dari kursi dan tidak menghalangi orang yang duduk di belakang anda.

  2. Ikuti perintah awak kabin. Sesaat sebelum mendarat anda akan diberi aba-aba untuk merunduk. Biasanya pada waktu penerbang memberi aba-aba “BRACE FOR IMPACT!”

 

Kebakaran dalam kabin

Brace for impact dan kebakaran


 

 

 

 

 

 

Jika terjadi kebakaran, keluar pesawat dengan merunduk atau merangkak. Hal ini karena biasanya asap lebih ringan dari udara dan akan berkumpul di atas. Oksigen akan ada di bagian bawah asap.

 

 

 Meloncat dari pesawat menggunakan slide


 

Melompat dengan slide

 Jika pesawat mendarat darurat atau berhenti secara darurat dan harus melakukan evakuasi, maka ada kemungkinan anda harus meloncat menggunakan perosotan karet (slide). Hal yang harus dilakukan:

  1. Lupakan dan tinggalkan barang-barang anda. Keselamatan anda lebih penting.

  2. Lepaskan sepatu, terutama sepatu yang tajam karena dapat merobek slide, melukai orang lain atau anda sendiri dan menyebabkan anda tersangkut di slide.

  3. Jika anda meloncat ke air, jangan kembangkan jaket pengaman didalam kabin, kembangkan sebelum meloncat.

  4. Slide yang anda gunakan untuk meloncat mungkin dapat digunakan sebagai perahu karet. Awak kabin akan membantu anda naik ke slide setelah dilepaskan dari badan pesawat.

 

 

 

 

 

 Semuanya berjalan normal, apa yang harus diketahui?


  1. Moslem Meal: Selama ini banyak umat islam bepergian dengan pesawat udara terutama dengan maskapai asing yang terpaksa makan seadanya tanpa tahu ke-halal-annya. Padahal kita bisa pesan Moslem meal. Jangan ragu-ragu untuk meminta moslem meal pada waktu check in.Kartu Panduan keselamatan

  2. Lampu kenakan sabuk pengaman: Banyak orang tidak terlalu mengindahkan lampu ini, atau bahkan tidak tahu maksud dari lampu ini. Dalam sebuah penerbangan seorang penumpang mengeluh : “ wah payah nih pilotnya, masa gak ada turbulence lampu nya tetep nyala?”. Mengapa? Biarpun penerbangan dalam tidak dalam kondisi udara yang berguncang, jika lampu ini menyala maka anda HARUS kembali ke tempat duduk dan mengenakan sabuk pengaman. Hal ini karena penerbang melihat potensi keadaan udara yang kurang baik yang sewaktu-waktu bisa berubah. Jika tidak ada guncangan yang terjadi, itu karena kemungkinan besar penerbang berhasil menghindari udara yang tidak stabil.

  3. Baca panduan keselamatan bergambar, lihat tipe pesawat yang tertulis dan pastikan sama dengan tipe pesawat yang dinaiki. Di salah satu perusahaan penerbangan tempat penulis bekerja, suatu waktu seorang awak kabin menemukan bahwa kartu panduan yang ada tidaklah sama dengan pesawat yang bersangkutan. Kesalahan ini ternyata dilakukan tanpa sengaja oleh petugas perusahaan cleaning service yang bertugas memeriksa dan mengganti kartu panduan yang hilang atau rusak. Gambar kartu panduan di sebelah ini adalah untuk tipe pesawat Airbus A330.

  4. Perbedaan antara satu pesawat dengan pesawat lain cukup tajam, karena pintu darurat setiap jenis pesawat berbeda. Bahkan tipe pesawat yang sama mempunyai kemungkinan pintu yang berbeda. Contohnya pesawat Fokker 100 yang digunakan oleh Sempati Air pada masa jayanya, memiliki pintu darurat di belakang yang tidak dimiliki oleh pesawat Fokker 100 yang digunakan oleh Merpati Airlines.

  5. Ekstra oksigen untuk bayi dan awak . Di atas kursi penumpang ada masker oksigen yang akan turun jika pesawat kehilangan tekanan udara. Untuk baris kursi yang berjumlah 2 misalnya, maka akan ada 3 masker oksigen. Masker tambahan ini digunakan untuk bayi yang digendong oleh orang dewasa. Jadi jangan sampai ada 2 orang bayi yang digendong di atas kursi yang berjajar. Jika terjadi kehilangan tekanan udara, maka seorang bayi tidak akan kebagian masker oksigen. Jika anda membawa bayi dan menemukan penumpang lain yang duduk sejajar dengan anda juga membawa bayi, maka mintalah ke awak kabin untuk pindah ke kursi lain. Seharusnya awak kabin mengerti tentang hal ini. Tapi dengan kesibukan mengatur penumpang bukan tidak mungkin hal ini terlewat oleh awak kabin yang bertugas.Penggunaan toilet

  6. Penggunaan toilet. Toilet tidak boleh digunakan selama lampu tanda kenakan sabuk pengaman dinyalakan. Jika anda masih berada dalam toilet ketika lampu tersebut menyala, maka usahakan untuk menyelesaikan urusan anda secepat mungkin, dan kembali ke kursi anda. Jika lampu tanda kenakan sabuk pengaman tidak dinyalakan, jangan menunggu sampai anda merasa ingin buang air. Paling tidak satu jam sekali biasakan pergi ke toilet untuk buang air, terutama dalam perjalanan yang panjang. Karena kondisi cuaca yang buruk bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan dibarengi dengan keinginan buang air akan membuat anda sangat menderita. Jika tidak ada cuaca buruk, penumpang biasanya mengantri di depan toilet setelah makan dan setelah awak kabin atau pilot memberikan pengumuman bahwa pesawat mulai turun dari ketinggian jelajah. Jadi rencanakan waktu anda ke toilet sebelum makan, atau makan dengan cepat dan pergi ke toilet.

  7. Tombol flush. Setelah buang air, banyak pelanggan layanan penerbangan yang bingung mencari tombol flush  (untuk menyiram/menyedot kotoran) yang kadang-kadang tidak berupa tombol. gambar di kanan ini adalah salah satu contoh tombol flush.Tombol Flush

  8. Merokok di toilet. Merokok di toilet adalah berbahaya dan di banyak negara merupakan tindakan kriminal yang dapat membuat anda masuk penjara atau minimum membayar denda ribuan dolar. Di dalam toilet pesawat ada alat deteksi asap yang dapat menyala ketika anda merokok. Material dari toilet sendiri adalah semacam plastik yang bisa terbakar dan asapnya merupakan racun. Jadi kebakaran di toilet atau bagian manapun dari kabin pesawat, sekecil apapun mempunyai resiko yang tinggi. Jika anda perokok berat, siapkan permen pengganti rokok sebelum melakukan penerbangan.

  9. Duduk di dekat pintu darurat. Membuka pintu darurat adalah tanggung jawab awak kabin. Tapi peraturan tidak membolehkan sembarang orang untuk duduk dekat pintu darurat. Orang yang duduk di sini harus dapat membantu awak kabin untuk membuka pintu darurat. Perhatikan bila anda melihat orang yang duduk di kursi dekat pintu darurat termasuk dalam daftar yang ada di bagian sebelumnya. Jika anda duduk di kursi tersebut dan merasa kurang enak badan, sebaiknya minta untuk dipindahkan ke kursi yang lain, karena keberhasilan evakuasi darurat dapat sangat tergantung pada siapa yang duduk di kursi ini.

  10. Pemakaian sabuk ekstra dan tempat tidur untuk bayi. Jika anda membawa bayi kurang dari dua tahun, mintalah sabuk ekstra untuk bayi anda. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan baby bassinet, tempat tidur bayi untuk penerbangan yang panjang. Jika terjadi guncangan atau cuaca buruk, ambil bayi anda dan kenakan sabuk pengaman. Di toilet juga ada meja lipat untuk mengganti popok atau membersihkan bayi anda.

Baby bassinet
 Tempat tidur bayi akan di letakkan diatas meja ini

Meja lipat untuk bayi di toilet Lampu hijau berarti tidak ada yang menggunakan toilet

Membuang puntung rokok akan mengaktifkan tanda kebakaran

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top