Tidak semua penerbang boleh menerbangkan pesawat yang menarik glider. Pesawat penarik glider dapat diterbangkan oleh siapa saja asal memiliki rating pesawat penarik tersebut, tapi untuk menarik glider dibutuhkan syarat-syarat yang lain.


Syarat menjadi penerbang penarik pesawat glider

Syarat pertama adalah lisensi penerbang yang masih berlaku, tapi pemegang lisensi Student Pilot dan Sport Pilot tidak diperbolehkan menarik glider.

Jadi penerbang dengan lisensi PPL, CPL atau pun ATPL dapat menarik glider asalkan syarat kedua dipenuhi.

Image
Minimum lisensi adalah PPL

Syarat kedua, penerbang tersebut harus sudah mendapatkan pelatihan dari instruktur penerbang glider mengenai penerbangan glider pada kursus di darat (ground course) maupun terbang dengan glidernya sendiri. Dengan kata lain, penerbang tersebut sudah mendapatkan pelatihan sebagai penerbang glider. Tapi dalam CASR tidak ada keharusan untuk terbang solo di glider bagi penerbang ini.
Image
Harus tahu prosedur dan batasan glider. Tow release procedure (gambar kanan)

Syarat kedua ini mencakup pengetahuan tentang teknik dan prosedur untuk pengoperasian glider dengan aman termasuk batasan kecepatan, prosedur darurat, penggunaan sinyal dan maksimum kemiringan terbang (bank).


Pengalaman terbang yang dibutuhkan untuk menjadi penarik glider

Setelah semua syarat di atas dipenuhi, maka penerbang pemohon lisensi penarik glider harus melakukan hal di bawah ini:

  1. Berlatih menarik pesawat glider dalam 3 penerbangan dengan didampingi oleh seorang penerbang yang sudah mempunyai ijin menarik glider,dan jika pemohon lisensi sudah menerbangkan pesawat penarik sebelum CASR ini diterbitkan maka pemohon harus sudah menarik glider sebanyak 10 kali.

  2. Atau dalam penerbangan yang mensimulasikan menarik glider dalam 3 penerbangan dengan didampingi oleh seorang penerbang yang sudah mempunyai ijin menarik glider dan paling tidak 3 penerbangan sebagai pilot glider atau pengamat dalam sebuah glider yang sedang ditarik oleh pesawat penarik.

Jika pemohon ijin adalah hanya pemegang lisensi PPL, maka ada minimum jam terbang yang harus dipenuhi yaitu 100 jam sebagai penerbang pesawat bermotor, atau 200 jam sebagai penerbang pesawat bermotor atau yang lainnya.

Ijin menerbangkan glider ini akan tidak berlaku jika dalam kurun waktu 12 bulan, penerbang tersebut tidak melakukan:

  1. Minimum 3 kali penarikan glider dalam kegiatan sebenarnya ataupun hanya simulasi di pesawat terbang dengan didampingi oleh seorang penerbang yang sudah mempunyai ijin menarik glider.

  2. Minimum 3 kali penerbangan sebagai penerbang glider.



disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top