Dimas Widyasastrena
permisi saya numpang tanya, kalo misalnya kita bawa GPS in flight terus kita lihat reading dari speednya itu apakah menunjukkan TAS atau GS ya? sekian dan terima kasih.

Wirandi Buntaran
ground speed....

Awal Muharriz
Maaf neh masih awam tentang per GPS-an di jawab sama mas Wirandi yg ter detech dalam GPS adalah GS, bukan IAS (Indicator Air Speed) atau TAS ya mas, jika penilaian rata2x speed pesawat pakai Knots itu GS atau IAS...?? mas dimas pinjem wallnya...

F. Adhika Pradipta Lie

Yang ada di GPS itu Groundspeed, didapat dari carrier tracking loop yang menghitung doppler shift GPS carrier wave frequency. Karena pergeseran frequency terjadi gerakan pesawat relatif terhadap bumi, maka yg didapat adalah groundspeed.

Sebaliknya, pergerakan pesawat terhadap udara, true airspeed, tidak bisa didapat dari GPS unit. Pada umumnya, airspeed di-ukur dengan menggunakan pitot tube yang menghitung perbedaan ram air pressure dan static pressure untuk menentukan dynamic pressure aliran udara yang lewat pitot. Konversi dari tekanan (pressure) ke airspeed perlu menggunakan air density yang pada dasarnya tidak bisa diukur secara langsung (bisa diketahui melalui temperature), sehingga standard air density pada permukaan laut yang digunakan. Karena tidak menggunakan "true" air density, maka bukan "true" airspeed.

Tergantung dengan bagaimana "menghitung" airspeed ini, yang dihasilkan bisa, Equivalent Airspeed (EAS), Calibrated Airspeed (CAS), atau Indicated Airspeed (IAS).

Bisa dibaca lebih lanjut di: http://en.wikipedia.org/wiki/Airspeed

Karena semua yang saya sebutkan di atas: GS, TAS, EAS, CAS, IAS, adalah pada dasarnya kecepatan semuanya menggunakan satuan kecepatan (km per jam, m per second, knots, dll).

 

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com
Go to top