Biaya sekolah penerbang

Saya mau jadi pilot! Lalu kemana setelah lulus SMA?....

Informasi inilah yang kadang-kadang masih misteri di Indonesia tercinta ini. Baiklah, secara umum ada beberapa cara untuk menjadi penerbang.

  1. Mendaftar di sekolah penerbang yang ada di Indonesia ataupun luar negeri. Untuk sekolah di dalam negeri, daftar tautannya ada di site ini di menu Pranala – Sekolah penerbangan.

  2. Mendaftar di program militer baik melalui akademi maupun ikatan dinas pendek. Informasinya ada di masing-masing institusi militer.

  3. Mendaftar di program beasiswa/cadetship yang sering diadakan oleh perusahaan airline. Informasinya ada di surat kabar dan website ilmuterbang.com selalu mencoba menerbitkan informasi yang terbaru.

Sekarang berapa biayanya?

Dari ketiga pilihan tersebut, hanya yang nomor 1 yang mengeluarkan biaya besar. Nomor 2 dan 3 biayanya ditanggung oleh pemerintah ataupun perusahaan yang menerima anda.

Banyak pembaca ilmuterbang.com mengeluhkan besarnya biaya menjadi penerbang. Bahkan ada yang bertanya bisa tidaknya untuk mendapatkan discount atau bagaimana caranya untuk masuk ke sekolah pilot yang murah.

Tapi ada hal yang perlu diingat bahwa pesawat adalah benda mahal. Pengoperasiannya pun membutuhkan biaya yang relatif mahal. Jadi tidak mungkin akan ada sekolah penerbang yang murah. Yang ada adalah sekolah penerbang yang disubsidi seperti STPI Curug di Tangerang atau ATKP Surabaya.

Pada saat tulisan ini dibuat, di Indonesia biaya untuk mengoperasikan sebuah pesawat latih adalah 200-250 USD per jam yang setara dengan 1,8-2,3 juta rupiah. Jadi untuk menyelesaikan 160 jam terbang, tinggal mengkalikan kedua angka tersebut. Belum lagi biaya kelas dan ujian. Angka ini akan selalu bertambah sesuai dengan inflasi.

Biaya ini akan berbeda-beda tiap sekolah, jadi coba dilihat di website sekolah yang bersangkutan atau hubungi langsung untuk mendapatkan informasi biayanya. Jangan tanya pada saya mengenai biaya ini, saya tidak tahu!

Jadi jika biaya ini terlalu mahal buat anda, siapkan diri anda untuk pertarungan memperebutkan tempat di sekolah penerbang yang disubsidi. Semoga sukses selalu.

disclaimer

Semua tulisan di site ini hanyalah untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan personel penerbangan dan menambah wawasan masyarakat umum. Jika ada perbedaan dengan dokumen resmi dari otoritas yang berwenang dan pabrik pesawat, maka dokumen resmilah yang berlaku. Klik di judul disclaimer di atas untuk melihat keseluruhan aturan penggunaan ilmuterbang.com

Pengunjung

Kami memiliki 115 tamu dan tidak ada anggota online

Go to top